Miris! Sampah Plastik Berserakan Usai Upacara Hari Pramuka di Kota Banjar

Sampah Plastik berserakan
Sampah Plastik yang berserakan di sekitaran Alun-alun Langensari Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sampah plastik berserakan di jalan usai peringatan Hari Pramuka yang digelar di wilayah Alun-alun Langensari, Kota Banjar menjadi keprihatinan sebagian warga. Pasalnya, mayoritas para peserta upacara yang didominasi siswa buang sampah sembarangan.

Pantauan HR Online di lapangan, peringatan Hari Pramuka yang dihadiri oleh Walikota, Kapolres, Ketua DPRD serta jajaran Pemerintah Kota Banjar diikuti oleh ribuan siswa dari berbagai tingkatan ini berjalan lancar. Sementara usai upacara tampak sampah plastik berserakan di mana-mana, bahkan setelah peserta upacara bubar sampah masih berserakan.

Rita, salah satu warga, menyayangkan sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh para siswa maupun para peserta upacara. Padahal, seharusnya sebagaimana dasa dharma Pramuka mereka harus mencintai alam sekitar.

“Kesadaran masyarakat akan sampah sangat minim, terutama bagi para siswa-siswi yang duduk bangku sekolah. Yang seharusnya anak-anak dididik untuk sadar lingkungan dan cinta lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” katanya kepada HR Online, Rabu (14/8/2019).

Ia menambahkan, sudah diketahui banyak orang bahwa sampah plastik yang dibuang sembarangan sangat membahayakan bagi kehidupan manusia, terlebih bisa merusak ekosistem makhluk hidup.

“Bahaya jangka pendek dan jangka panjangnya tentu ada saja. Paling saya sayangkan adalah kesadaran yang masih kurang. Karena ini erat sekali dengan dunia pendidikan, sudah seharusnya ketika ada semacam acara seperti ini, terlebih acara yang melibatkan orang banyak harus diwanti-wanti dan diimbau agar tidak buang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Menurut Rita, jika sampah hanya diserahkan kepada Dinas terkait semata dan masyarakat tidak sadar diri terhadap bahanya sampah plastik, maka hal tersebut akan menjadi persoalan yang berkelanjutan. Apalagi sampah plastik sangat sulit diurai.

“Sekali lagi, saya sangat mendambakan usai kegiatan apapun di Kota Banjar tidak diwarnai dengan sampah plastik berserakan. Minimalnya buat gerakan pungut sampah bersama seluruh peserta atau disiapkan tim khusus agar usai kegiatan tidak begini,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)