Mitsubishi Outlander PHEV, Mobil yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Mitsubishi Outlander PHEV
6. Mitsubishi Outlander PHEV, Mobil yang Efisien dan Ramah Lingkungan. Foto: autos.id

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com),- Mitsubishi Outlander PHEV adalah salah satu mobil yang ramah lingkungan yang sudah resmi diluncurkan oleh Mitsubishi Motors.

Menerapkan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicles, mobil ini dapat melaju menggunakan tenaga listrik yang membuat perjalanan lebih nyaman dengan kabin super senyap.

Satu hal yang cukup menarik hadir pada Mitsubishi Outlander PHEV. Sebab ini menjadi salah satu mobil pertama mitsubishi dengan model hybrid.

Pastinya langkah peluncuran ini patut diapresiasi sebab berbagai macam model mobil hybrid sudah semakin banyak.

Kondisi seperti ini juga semakin menguatkan banyaknya pabrikan otomotif mendukung program pemerintah berkenaan dengan mobil ramah lingkungan. Bukan tidak mungkin pabrikan ini juga bisa meluncurkan mobil listrik.

Di antaranya bahkan telah memamerkan konsep mobil listrik ke publik pada pameran otomotif yang telah diselenggarakan seperti GIIAS dan IIMS.

Spesifikasi Mitsubishi Outlander PHEV

Sesuai dengan konsep hybrid yang telah dibawa, varian tertinggi dari Outlander ini dibekali dengan mesin berkapasitas 2400 cc. Tetapi terdapat keunikan dan juga keistimewaan tersendiri di dalam pemasangannya.

Soal teknologi yang ada didalamnya, ada berbagai macam hal baru yang disematkan pada mobil ini.

Bukan cuma untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan memberikan kesan mewah. Tetapi juga meningkatkan keamanan dan lebih ke konsep dasar yang ramah lingkungan.

Desain dan Dimensi

Bila kita lihat dari segi penampilannya tentu jauh berbeda dari Outlander standar atau dari generasi sebelumnya.

Sebab bila dilihat dari bagian depan tampak mobil ini sangat memperhitungkan sisi aerodinamika yang sangat bagus.

Selanjutnya dioptimalisasi dengan grill yang memiliki ukuran besar. Bagian tepi headlamp bergaya modern dan diisi dengan full LED fog lamp, di bagian bumper diberi tambahan garnish chrome. Oleh sebab itu tak heran bila mobil ini sangat berkelas dan tampak mewah.

Tak ketinggalan pula di bagian atap dilengkapi dengan roof rails. Ini menunjukkan bahwa Outlander PHEV menjadi salah satu mobil suv jaman now.

Mitsubishi juga telah melengkapi bagian atap menggunakan sunroof dengan fitur anti trapping elektrik.

Fitur ini bukan hanya membuat kabin tampak lega saat dibuka, namun di dalam pemakaiannya digunakan secara elektrikal.

Desain chrome juga bisa anda dapatkan di bagian kaca belakang. Lalu untuk membuka pintu bagasi belakang mitsubishi menambahkan fitur electric tailgate. Ini memungkinkan para pengguna membuka atau menutup pintu secara otomatis.

Untuk meningkatkan performa aerodinamis, maka SUV terbaru ini telah memasang spoiler di bagian pintu bagasi serta shark fin antenna.

Dapur Pacu

Salah satu keunikan tersendiri dari Mitsubishi Outlander PHEV walaupun sudah dibekali mesin utama dengan kapasitas 2.4 L. Tetapi untuk penggeraknya sendiri mengandalkan 2 buah motor listrik di bagian depan dan belakang.

Sementara mesin bensin disini dijadikan sebagai generator. Jadi saat mobil hanya mengaktifkan mesin listrik dengan mengandalkan baterai, mobil bisa menempuh perjalanan 55 km.

Namun bila mode hybrid dihidupkan, maka bisa melakukan perjalanan hingga 800 km.

Soal baterai, Mitsubishi menempatkannya di bagian bawah tengah. Pastinya lengkap dengan pelindung untuk menjamin keamanannya saat digunakan.

Dalam pemakaian normal, Mitsubishi mengklaim baterai yang ada bisa bertahan hingga 10 tahun.

Namun dengan catatan kesehariannya disarankan bagi pengendara tidak melewati genangan air yang lebih dari setengah ban.

Kemudian jangan tempatkan mobil di bawah sinar matahari langsung. Sebab jika semua itu dilanggar bisa memperpendek umur penggunaan baterai.

Sementara untuk pengisiannya bila memakai quick charge 25 menit, maka baterai bisa berisi 80%.

Bila anda hanya menggunakan fitur charge standar, maka untuk bisa mencapai daya baterai penuh paling tidak perlu waktu 7 jam lamanya.

Mesin untuk Outlander PHEV ini menggunakan MIVEC, DOHC, 4 silinder yang bisa menghasilkan power maksimum 132.7 HP dan torsi 211 Nm.

Sementara untuk power bila mengandalkan motor listrik, maka mobil dengan bongsor ini bisa melaju hingga 174.5 HP.

Pembagian power 94 HP di bagian depan, dan untuk belakang dapat menghasilkan 80.5 HP.

Fitur Unggulan Mitsubishi PHEV

Kenyamanan penggunaan Outlander PHEV tidak perlu lagi diragukan lagi. Apalagi pada semua kaki – kakinya telah menggunakan suspensi dengan jenis independen.

Karena ada kolaborasi mesin bensin dan listrik yang ada pada mobil ini, membuat gas buang yang dihasilkan menjadi ramah lingkungan.

Mobil SUV mitsubishi ini juga bisa menjadi genset berjalan. Sebab Outlander PHEV telah menyediakan power output daya bagi kebutuhan eksternal yang mencapai 1500 W.

Ada juga fitur regenerative braking level selector yang bisa di ubah keluarannya hingga 6 pengaturan.

Terdapat pula cruise control yang bisa meringankan kerja kaki. Sebab tanpa menginjak gas, mobil bisa melaju dengan kecepatan stabil.

Harga Mitsubishi Outlander PHEV

Banyak yang bilang harga mobil ini mahal, tapi ini wajar. Bahkan di awal munculnya dalam GIIAS 2019, mobil ini laku 40 unit.

Dalam gelaran GIIAS 2019, harga Mitsubishi Outlander PHEV diumumkan Rp1.289 miliar. Harga ini untuk varian Ultimate yang punya pilihan warna Silky White dan Ruby Black.