Mulai Ditata, Wisata Gunung Sindangrasa Ciamis Siap Manjakan Pengunjung

Pengunjung saat memanfaatkan salah satu spot swafoto di Wisata Gunung Sindangrasa
Pengunjung saat memanfaatkan salah satu spot swafoto di Wisata Gunung Sindangrasa. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Destinasi wisata Gunung Sindangrasa atau bumi perkemahan yang ada di Dusun Batudatar, Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara, Ciamis, Jawa Barat kini mulai ditata. 

Destinasi wisata Gunung Sindangrasa ini diinisiasi Bumdes Maju Lancar Desa Cintanagara. Sementara itu, para pemuda setempat juga begitu antusias menata lokasi dengan pembersihan rerumputan liar, hingga membuat spot selfi yang menjulang ke tebing gunung dengan pemandangan alam yang masih asri. 

“Lokasi ini merupakan cikal bakal potensi wisata yang ada di Desa Cintanagara, yang nantinya bisa menghasilkan PADes selain PAD. Jadi kita akan serius kembangkan wisata Buper Sindangrasa ini,” ujar Ketua Bumdes Maju Lancar Desa Cintanagara, Dede Rusyadi, Jum’at (23/8/2019).

Saat ini, pihaknya telah membangun satu lokasi spot selfi berbentuk jembatan. Lokasi tersebut pun kini mulai banyak didatangi remaja untuk berswafoto.

“Dengan adanya objek wisata, ke depan akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, karena bisa ikut berjualan di kawasan camping,” jelasnya. 

Saat ini, kata Dede, lokasi tersebut sering dijadikan area camping para pecinta alam karena lokasinya yang dirasa masih sangat alami dengan pemandangan indah. 

Dari lokasi pegunungan tersebut, pengunjung bisa melihat wilayah Kecamatan Kawali, Desa Selacai dan Kecamatan Cipaku. 

Pihaknya pun berencana akan memanfaatkan lahan pertanian di lokasi wisata Gunung Sindangrasa untuk mengembangkan tanaman sayur, anggur, strowbery dan lainnya.

“Selain jadi edukasi bagi wisatawan, pengunjung juga nanti bisa langsung memetik buah dari pohonya untuk oleh oleh dibawa pulang,” ungkap Dede.

Dengan pesona alam yang indah, lanjut Dede, ke depan pihaknya berencana akan membuat rute khusus bagi pecinta olahraga sepeda gunung. 

“Jika pengunjung banyak, nanti masyarakat bisa jualan di sekitar kawasan camping, yang nantinya Insya Alloh bisa meningkatkan tarap hidup ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (Jujang/R6/HR-Online)

Loading...
Loading...