Mahasiswa KKN Unigal Gelar Seminar di Budiasih

“Optimalisasi Potensi Desa dalam Memperkuat Ekonomi Masyarakat”

Optimalisasi Potensi Desa Perkuat Ekonomi Masyarakat Budiasih
Kelompok Mahasiswa peserta KKN Unigal Desa Budiasih menggelar kegiatan seminar, Sabtu (10/08/2019). Foto : Jujang/ HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) menggelar kegiatan seminar bertajuk “Optimalisasi Potensi Desa dalam Memperkuat Ekonomi Masyarakat”, di Aula Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (10/08/2019).

Kegiatan seminar tersebut diselenggarakan mahasiswa Unigal dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).  Selain itu, mahasiswa juga melakukan pendampingan terhadap masyarakat.

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN Unigal di Desa Budiasih, Ari Nugraha, membenarkan kegiatan seminar tersebut. Menurut dia, seminar itu diikuti berbagai unsur, mulai dari pengurus BUMDes, Karang Taruna, Kepala Dusun, Ketua RT dan RW, serta pelaku UKM di Desa Budiasih.

“Kami harap kehadiran kami di Desa Budiasih bisa membantu pemerintah desa agar bisa lebih mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat,” kata Ari. 

Untuk itu, Ari menuturkan, Mahasiswa KKN Unigal Desa Budiasih sengaja menghadirkan narasumber berkompeten dari Forum BUMDes Kabupaten Ciams. Diantaranya Sekretaris Forum BUMDes, Taufan Nugraha dan Bendahara Forum BUMDes, Yusuf Ramdani.

Menurut Ari, pihaknya juga menghadirkan pemateri dari BUMDes Kertabumi Cijeungjing. Perwakilan dari BUMDes Kertabumi Cijeungjing mengulas materi soal pengolahan sampah dan pemanfaatan belatung magot.

Sinergitas BUMDes dan Pelaku Usaha

Sekretaris Forum BUMDes Kabupaten Ciamis, Taufan Nugraha, menjelaskan, dalam upaya optimalisasi potensi perekonomian masyarakat, Bumdes diharapkan dapat bersinergi dengan para pelaku usaha.

Menurut dia, sinergitas antara BUMDes dan pelaku usaha tersebut dapat menggerakan ekonomi. Selain itu, juga bisa menjadi salah satu solusi sebagai penggerak perkembangan dan perekonomian masyarakat di Desa Budiasih.

“Harus ada sinergitas dulu. BUMDes juga harus berperan aktif melihat peluang dan potensi yang ada di masyarakat. Tentunya demi tercapainya kemandirian ekonomi masyarakat,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Ari berharap BUMDes menjadi salah satu wadah yang dapat menyerap tenaga kerja. Untuk itu, pihaknya mendorong BUMDes terus berinovasi menciptakan dan membuka lapangan usaha baru. 

Senada dengan itu, Kepala Desa Budiasih, Asep Suryana, berharap kreatifitas dan potensi usaha masyarakatnya dapat berkembang melalui wadah BUMDes yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan untuk keluarga dan masyarakat Budiasih. 

“Sinergitas antara BUMDes dengan para pelaku usaha perlu didorong dan ditingkatkan dengan cara menggali potensi yang ada,” katanya. (Jujang/R4/HR-Online)

Loading...