Pawai Oncor di Kawali Ciamis, Sambut Hari Pramuka dan HUT ke-74 RI

Pawai Oncor di Kawali
Pawai Oncor (obor) di Kawali, Kabupaten Ciamis diikuti 1.500 pelajar dalam rangka menyambut Hari Pramuka dan HUT ke-74 RI, Selasa (13/8/2019) malam. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka menyambut Hari Pramuka yang ke-58 dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74, siswa dari Sekolah Dasar, SMP dan SMA, mengikuti pawai oncor di Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).  

Umar, ketua panitia, mengatakan, peserta pawai oncor berasal dari siswa SD, MI, SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Kawali.

“Pawai oncor atau obor ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Pramuka dan menyambut Hari Ulang Tahun RI yang ke-74, karenanya pesertanya merupakan anak-anak sekolah se-Kecamatan Kawali,” kata Umar.

Lanjut Umar, peserta Pawai Oncor di Kawali ini sekitar 1.500 orang, sebelumnya mereka berkumpul di Halaman Kantor Kecamatan Kawali.

“Titik kumpulnya dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan, puncaknya nanti untuk menyambut hari Pramuka dilaksanakan pada hari Rabu (14/8/2019) besok dimana seluruh siswa sekolah mulai dari SD  sampai tingkat SMA akan melaksanakan upacara bendera,” terang Umar.

Umar menambahkan, untuk pawai oncor  akan diakhiri dengan hiburan pentas seni dari perwakilan siswa SMP dan SMA.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar semoga sampai puncak acara juga lancar,” katanya.

Suryana, panitia lainnya, menambahkan, kegiatan pawai oncor di Kawali merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan pada setiap PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) maupun PHBI (Peringatan Hari Besar Islam).

“Kalau pawai dalam rangka PHBI, masyarakat umum selalu dilibatkan dalam pawai oncor ini, sedangkan untuk menyambut Hari Pramuka pesertanya hanya para pelajar,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)