Pemandian Cipanas Banjarsari Bakal Dijadikan Ikon Wisata Ciamis

Pemandian Cipanas
Lokasi pemandian Cipanas yang berlokasi di Desa Cikupa, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemandian Cipanas yang berlokasi di Desa Cikupa, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis bakal dijadikan salah satu ikon pariwisata di Ciamis.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, Toto Marwoto, lokasi wisata tersebut rencananya akan kita jadikan salah satu ikon wisata yang ada di Kabupaten Ciamis. Sebab, Cipanas mempunyai keunikan tersendiri dan tinggal pengelolaannya.

“Lokasi wisata Cipanas ini sudah mulai tertata dengan baik, namun masih butuh penataan yang lebih di tingkatkan lagi. Cipanas juga harus punya brand tersendiri agar bisa menjadi daya jual yang hebat. Keindahan dan panorama yang ada di sini, seperti munculnya air panas itu benar-benar sebuah keajaiban ciptaan tuhan,” kata Toto, Kamis (15/8/2019).

Uniknya, kata Toto, air panas di wisata ini bukan keluar seperti yang ada di lereng gunung Merapi. Namun keluar dari sela-sela batu yang jelas tidak ada Merapi di bawahnya. Airnya juga sangat jernih dan tidak berbau belerang.

“Nanti kita akan bergaining dengan semua OPD yang ada. Semisal Cipta Karya dan PUPR. Karena Cipanas ini tinggal kita poles dan akan mempunyai daya tarik serta daya jual yang tinggi. Untuk lebih meningkatkan brand, di lokasi ini harusnya didirikan bangunan hotel misalnya, hal ini agar para wisatawan yang jauh bisa beristirahat sebelum atau sesudah mandi di kolam ini,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Wisata Pemandian Cipanas adalah sebuah lokasi wisata yang sudah lama dibuka untuk umum. Di lokasi tersebut para wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam di sepanjang jalan menuju lokasi pemandian Cipanas.

Sebelum sampai ke lokasi, wisatawan akan melihat keindahan alam, seperti hamparan persawahan yang berumpak-umpak (tangga) yang dipagari pegunungan serta suasana alamnya masih asri dan udaranya segar.

Jika sudahs sampai di lokasi wisata pemandian ini, para wisatawan juga bisa langsung menikmati mandi air hangat dan dingin yang sudah tersedia di kolam renang.

Selain mandi di air panas, di atas lokasi pemandian wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun .

Sedangkan untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, wisatawan akan menghabiskan waktu kurang lebih sekitar tiga puluh menit. Karena lokasi pemandian Cipanas Cikupa ini berada sekitar kurang lebih 13 kilometer dari jalan raya Banjar-Pangandaran (jalan nasional).

Namun jangan khawatir, Lantaran jalan menuju obyek wisata pemandian Cipanas Cikupa ini sudah bagus, para wisatawan bisa membawa kendaraan roda empat sampai ke titik lokasi pemandian. (Suherman/R6/HR-Online)