Pembelajaran PAI, SMAN 1 Pamarican Ciamis Laksanakan Kurban

Kurban di SMAN 1 Pamarican
Pelaksanaan kurban di SMAN 1 Pamarican, Senin (12/8/2019). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Kurban di SMAN 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaksanakan dalam rangka pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Siswa SMAN 1 Pamarican melaksanakan pemotongan hewan kurban, Senin (12/08/2019).

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Pamarican, Muhamad Sodikin, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh para siswa dan siswi SMAN 1 Pamarican.

“Kegiatan ini murni kegiatan siswa, dalam hal ini hewan kurban didapatkan dari iuran (patungan) para siswa yang dikumpulkan selama satu tahun, hari ini para siswa memotong satu ekor sapi,” katanya.

Menurut Sodikin, pemotongan hewan kurban tersebut adalah salah satu program Pendidikan Agama Islam yang sudah diterapkan dari beberapa tahun ke belakang.

“Tujuannya adalah untuk memberikan pembelajaran kepada siswa tentang hidup bermasyarakat dan berbagi dengan sesama, dimana mereka mendapatkan pelajaran tentang tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar menurut agama,” terangnya.

Kata dia, daging hewan kurban tersebut kemudian diberikan kepada warga yang berhak mendapatkannya.

“Insya Allah dalam pendidikan ini, kami memberikan daging kurban kepada para kaum dhuafa serta orang yang tidak mampu,” jelasnya.

Pantauan HR Online di lapangan, sejak Senin pagi, ratusan siswa SMAN 1 Pamarican sudah berkumpul di halaman sekolah.

Dalam kurban di SMAN 1 Pamarican ini, para siswa mengikuti prosesi penyembelihan hewan kurban serta beramai-ramai memotong-motong dagingnya. Selanjutnya mereka mengemasnya dan membagikannya kepada warga tidak mampu di sekitar lingkungan sekolah. (Suherman/R7/HR-Online)