Penetapan Pimpinan DPRD Pangandaran Masih Menunggu Peraturan Perubahan Tatib

Pimpinan DPRD Pangandaran
Pembahasan rancangan Perda Tata Tertib di DPRD Pangandaran, Rabu (14/8/2019). Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Penetapan pimpinan DPRD Pangandaran secara definitif masih menunggu Peraturan terkait Tata Tertib DPRD. Sementara tampuk ketua DPRD Kabupaten Pangandaran dipegang oleh Asep Noordin, politisi PDIP yang mendapat suara terbanyak pada Pileg lalu.

Baca Juga: PDIP Pemenang Pemilu di Pangandaran, Asep Noordin Raih Suara Terbanyak

DPRD Kabupaten Pangandaran sendiri, saat ini sedang sedang menyusun rancangan Perubahan Peraturan DPRD Kabupaten Pangandaran Nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib dan ditargetkan selesai bulan Agustus 2019 ini.

Rancangan Perubahan Peraturan DPRD Kabupaten Pangandaran Nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib dan ditargetkan selesai bulan Agustus 2019 ini.

Ketua sementara DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin, mengatakan, salah satu tugas dirinya sebagai ketua sementara sesuai perundang-undangan adalah memfasilitasi penyusunan Rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib. Langkah pertama ini dilakukan untuk mengatur keberadaan DPRD itu sendiri.

“Adanya revisi ini dilakukan karena suatu keharusan, pertama ada ketidaksesuaian dengan peraturan perundang-undangan yang ada, kedua juga adanya penambahan komisi seiring dengan berubahnya jumlah anggota DPRD yang awalnya dari 35 anggota menjadi 40 anggota sesuai kebutuhan, maka harus diubah dari 3 menjadi 4 komisi,” jelas Asep Noordin, Rabu (14/8/2019).

Lebih lanjut Asep Noordin mengatakan, langkah berikutnya adalah menunggu rekomendasi dari partai politik pemenang Pemilu untuk memfasilitasi sampai penetapan pimpinan DPRD Pangandaran dilakukan secara definitive.

“Kita sudah mengirim surat ke partai politik, mungkin nanti rekomendasinya berbeda-beda sesuai partai politik masing-masing, seperti di saya, partai PDIP yang sedang menunggu dari DPP nanti ke siapa, rekomendasinya itu yang menjadi pegangan di internal partai nanti,” kata Asep Noordin. 

Masih menurut Asep Noordin, penetapan Peraturan DPRD terkait Tata Tertib pun harus dipimpin oleh pimpinan definitif, begitu pun dengan pembentukan AKD.

“Tugas saya dengan Pak Martin sebagai pimpinan sementara, yakni kita fokus pada rancangan tatib. Mudah-mudahan Minggu ini rekomendasi bisa turun agar DPRD bisa terbentuk secara utuh dan mempunyai pimpinan definitif,” pungkasnya. (Madlani/R7/HR-Online)