Pengaman Mobil Anti Maling, Cek di Sini dan Silahkan Pilih Sesuai Selera

Pengaman Mobil Anti Maling
Pengaman Mobil Anti Maling. Foto : net/ilustrasi

Pengaman mobil anti maling saat ini banyak dicari di internet. Pasalnya, tidak sedikit korban yang mengaku kehilangan mobil pribadinya, baik saat diparkir di jalan atau garasi.

Bahkan, hampir setiap hari di media massa selalu dihiasi pemberitaan tentang maling mobil atau pencurian barang yang ada di dalam mobil tersebut.

Siapa sangka, mobil yang disimpan di garasi bisa hilang diembat maling. Walaupun pemilik mobil tersebut sudah mengunci, namun kenyataannya tetap saja terjadi.

Sehingga, dengan pengaman mobil anti maling ini, maka untuk pemilik kendaraan roda empat atau lebih akan menjadi merasa aman dan tidur pun akan pulas, karena tidak memikirkan mobil.

Untuk mobil mewah memang sudah dibekali dengan fitur anti maling. Namun untuk mobil kelas menengah ke bawah, meski sudah ada fitur keamanannya, akan tetapi tetap membutuhkan anti maling tambahan.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari pengaman mobil anti maling silahkan cek di sini, dan pilih sesuai dengan selera.

Pengaman Mobil Anti Maling dengan Kunci Setir

Kunci setir saat ini masih menjadi yang paling populer sebagai alat pengaman mobil anti maling. Karena alat yang satu ini adalah yang terbaik, serta simple pemakaian.

Alat pengaman ini dipasang pada setir mobil dengan mengait pada pedal gas atau kopling. Jadi dengan adanya kunci setir ini maka si maling tidak akan bisa menggerak kemudi.

Untuk model alat anti pencurian yang satu ini sangat beragam, dan mudah didapatkan karena banyak tersedia di toko-toko onderdil mobil atau sebagainya.

Model tersebut bukan hanya mengunci setir atau kemudi mobil, namun ada juga yang bermodel dengan sistem mengunci tuas perseneling.

Untuk harganya dibanderol dalam kisaran 600 ribuan atau bisa juga lebih. Sedangkan jenisnya ada yang hipowelock, dengan mengunci di sekitar atau hanya di lingkaran kemudi saja.

Kemudian hipowerlock alarm, alat pengaman mobil anti maling ini selain mengunci setir juga terdapat fitur tambahannya yaitu alarm, yang suara nyaringnya akan keluar jika ada yang membuka dengan paksa.

Selain jenis di atas, ada juga jenis Yale yang memiliki warna dasar kuning serta hitam. Kemudian yang mirip dengan Yale yakni Hipowerlock Lock Heavy.

Chip Kontak

Sistem kerja pengaman mobil anti maling yang satu ini tidak berbeda jauh dengan alarm, namun chip-nya sudah berteknologi canggih.

Chip yang biasa di pasang dikontak atau kap mobil ini, mengandalkan sensor sebagai pemicu alarm. Jadi, ketika ada seseorang membuka pintu dengan paksa, maka akan keluar suara keras dengan sendirinya.

Selain chip kontak, pengaman mobil anti maling serupa cara kerjanya adalah alarm mobil. Selain mengeluarkan bunyi keras daru klakson, juga akan menyalakan lampu dengan otomatis.

Namun sebagai langkah mengantisipasi jika kabel yang menghubungkan dengan klakson tidak bekerja, maka sebaiknya ditambahkan atau dipasang juga ke speaker mobil.

Pengunci Roda (Lock Theft Lock)

Selain mengunci bagian setir, alat pengaman mobil anti maling juga bisa dilakukan di bagian rodanya. Kunci roda ini berbahan baja yang keras, jadi sangat sulit untuk dirusak.

Untuk cara kerjanya adalah dengan memasangkan atau mengaitkan Lock Theft Lock ini ke bagian velg. Jadi dengan begitu roda mobil tidak bisa bergerak.

Alat anti pencurian ini sangat pas ketika mobil diparkirkan di pinggir jalan yang sering dilalui banyak orang. Maka si pencuri ketika akan maling mobil akan berpikir panjang.

Selain itu, alat yang juga dinamakan spanner ini sering dipakai oleh pegawai atau petugas Dinas Perhubungan untuk menilang mobil yang parkir sembarangan.

Saklar Rahasia

Alat pengaman mobil anti maling selanjutnya adalah saklar rahasia. Cara kerjanya adalah dengan memutuskan aliran listrik yang bersumber di aki mobil.

Karena dinamakan saklar rahasia, maka untuk menempatkannya harus di tempat tersembunyi. Jadi ketika maling akan menyalakan mobil, maka mesin mobil tidak akan bekerja.

Selain saklar rahasia, cara lainnya adalah bisa juga dengan mencabut sekring yang bisa memutuskan aliran listrik mobil. Biasanya mencabut sekring yang berwarna biru.

Immobilizer

Biasanya alat pengaman mobil anti maling yang satu ini sudah terdapat di mobil keluaran sekarang atay memiliki sistem kontrol elektronik.

Namun untuk mobil model lama juga bisa dipasang alat canggih ini. Karena sudah banyak beredar di pasaran dengan harga terjangkau kurang lebih lima ratus ribuan.

Cara kerja dari Immobilizer ini adalah dengan memasang kode kunci. Sehingga jika kode yang dimasukkan salah maka mobil tidak akan nyala.

GPS

Global Positioning System (GPS) sudah tidak asing lagi di telinga. Sebenarnya GPS ini berfungsi bukan sebagai alat pengaman mobil anti maling.

Namun alat ini bekerja sebagai pelacak keberadaan mobil (yang dipasang GPS) dengan mengandalkan satelit dengan cara kerja seperti smartphone.

Jadi, meski si maling berhasil membawa mobil, namun jika GPS masih tetap menyala, maka mobil tersebut akan diketahui titik koordinatnya.

GPS ini sangat pas jika dipasang pada mobil rentalan. Karena jika hilang atau curiga mobilnya tidak kembali maka bisa mengetahui keberadaan terakhir.

Meski alat pengaman mobil anti maling ini sangat berguna, tapi tidak dijamin 100% mobil akan aman dari pencurian. Namun setidaknya bisa menyusahkan bahkan menggagalkan aksi pencurian. (Adi/R5/HR-Online)