Pengurus KONI Kabupaten Ciamis Dilantik, KONI Jabar Ingatkan Soal Prestasi & SDM

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saepudin, saat melantik pengurus KONI Kabupaten Ciamis masa bakti 2019-2023, di Aula Setda Ciamis, Rabu (21/08/2019). Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saepudin, melantik pengurus KONI Kabupaten Ciamis masa bakti 2019-2023, di Aula Setda Ciamis, Rabu (21/08/2019).

Dalam kesempata itu, Ahmad Saepudin, menegaskan, pengurus KONI Kabupaten Ciamis yang baru harus menentukan visi pembangunan olahraga di Ciamis, kemudian misi, dan tujuan atau sasarannya.

“Kepada pengurus KONI Kabupaten Ciamis yang baru, mari kita membangun prestasi olahraga di Ciamis. Atlet Ciamis dapat mengikuti kejuaraaan-kejuaraan yang akan diselenggarakan, seperti PON. Karena, Jawa Barat tetap ingin mempertahankan juara umum PON 2020 nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, selain membangun prestasi, Sumber Daya Manusia (SDM) juga perlu dibina dan fasilitas diperbaiki.

Ia pun mengingatkan bahwa KONI harus melakukan pembinaan yang unggul, sesuai dengan potensi atlet yang ada di Kabupaten Ciamis, sehingga nantinya bisa mendongkrak prestasi di Porda 2022 mendatang.

“Kebijakan pemerintah daerah yang terkait anggaran dan metoda atau strategi yang akan dijalankan, dengan membuat rancang bangun program untuk 4 tahun ke depan. Kalau perlu membuat riset pembinaan olahraga di Ciamis agar jelas sasarannya. Ciamis harus berubah berprestasi, karena sudah banyak atlet muda potensial yang berprestasi,” tandas Ahmad.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, yang hadir dalam acara pelantikan tersebut, mengatakan, jika melihat jajaran yang dilantik, pengurus KONI yang baru dapat membawa keoptimisan serta membangkitkan olahraga di Ciamis.

“Tata dan kerjasama pengurus KONI, Pengcab dan prestasi olahraga, harus diakui kalau kita ini masih papan bawah dari Porda ke Porda. Daya dukung dari pemda juga harus segera tampil ke KONI,” ujarnya.

Menurut Herdiat, KONI Kabupaten Ciamis harus fokus dalam menghadapi PON dan Porda. Untuk itu, harus sejak dini melakukan berbagai upaya pembinaan terhadap atlet di berbagai cabor (cabang olahraga) dalam rangka menghadapi Porda Jabar tahun 2022 mendatang. 

Ia juga menegaskan, KONI Ciamis harus bisa berkordinasi bersama dengan seluruh pelatih atau pembina seluruh cabor. Sehingga, pembinaan yang bersinergi akan menghasilkan atlet-atlet handal dan mampu berprestasi pada berbagai ajang kejuaraan.

“Saya titipkan agar Koni Ciamis bisa melakukan pembinaan prestasi bagi seluruh atlet dari berbagai cabor. Kita harus tunjukan bahwa Ciamis ini punya potensi besar di berbagai cabang olahraga,” kata Herdiat.

Usai dilantik, Ketua KONI Ciamis periode 2019-2023, H. Yasmin Sambas, mengaku pihaknya akan melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya dalam memajukan olahraga di Kabupaten Ciamis.

Namun demikian, kata Yasmin, pihaknya juga perlu dukungan dari pengurus serta pemerintah daerah, agar keberadaan KONI nanti bisa menjadi wadah demi peningkatan prestasi olahraga di Tatar Galuh Ciamis.

“Kita juga harapkan koordinasi yang baik antar seluruh cabor yang ada, guna melakukan pembinaan dan pengembangan atlet-atlet yang ada. Sehingga atlet Ciamis bisa berprestasi lagi,” ungkap Yasmin. (Jujang/R3/HR-Online)

Loading...
Loading...