Penjual Bendera Musiman Menjamur di Ciamis Kota

Pedagang Bendera
Pedagang Bendera di wilayah Ciamis kota. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang peringatan HUT RI ke-74, penjual bendera musiman mulai menjamur di seputaran Ciamis Kota, seperti di sekitar ruko pasar Ciamis dan kawasan Islamic Centre Jalan Iwa Kusumasomantri Ciamis.

Pantauan HR Online, mereka tidak hanya menjual bendera saja, namun menjual umbul-umbul serta berbagai macam pernak-pernik Agustusan.

Salah seorang pedagang bendera di kawasan gedung Islamic Center, Yudi (35), menuturkan, setiap tahun menjelang hari kemerdekaan biasa berjualan bendera. Sebab, jualan bendera musiman menguntungkan, sehingga bisa menambah kebutuhan ekonomi keluarganya. 

“Sudah biasa setiap menjelang hari kemerdekaan, ya berjualan bendera karena bisa membantu menambah kebutuhan ekonomi keluarga,” ujarnya, Jumat (2/7/2019).

Yudi mengaku, dalam satu hari bisa menjual 10 hingga 25 bendera dan umbul-umbul, bahkan bisa lebih. Keuntungan dari berjualan, kata dia, bisa sampai ratusan ribu atau bahkan mencapai jutaan. 

Harga bendera yang Yudi jual mulai dari Rp 25000 hingga Rp 45000, dan harga umbul – umbul mulai dari Rp 15000, Rp 25000 hingga Rp 45000 tergantung model dan ukuran.

“Kebanyakan masyarakat membeli bendera yang biasa di bawah harga 20.000,” tandasnya.

Di tempat berbeda, pedagang bendera di ruko Pasar Ciamis, Aris (40), mengatakan, sudah tiga hari ini dia berjualan Bendera Merah Putih. Namun saat ini belum terlalu banyak yang membeli.

“Paling 2 sampai 5 yang terjual, jadi belum terlalu banyak, mungkin karena masih jauh,” ujarnya.

Aris yang sudah 5 tahun ini berjualan bendera mengaku, biasanya pembeli ramai selepas tanggal 5 Agustus ke atas. Dalam satu hari kalau sedang ramai dia bisa menjual satu kodi hingga dua kodi.

“Bendera yang dijual beda-beda, ada yang Rp 15.000 hingga Rp 50.000,” ucapnya.(Jujang/R6/HR-Online)

Loading...