Penyebab Tidur Mendengkur yang Tidak Anda Sangka-sangka

penyebab tidur mendengkur
Penyebab Tidur Mendengkur yang Tidak Anda Sangka-sangka. Foto: Net/Ist

Penyebab tidur mendengkur salah satunya bisa saja karena Anda tidur dalam posisi telentang, namun penyebab mendengkur sebenarnya bisa disebabkan karena berbagai hal.

Mendengkur atau juga dikenal dengan mengorok merupakan masalah yang bisa terjadi pada siapa saja. Ngorok ini bisa jadi penyebab gangguan pada saat tidur, juga menimbulkan masalah kesehatan lainnya yang cukup parah.

Bahkan, sejumlah peneliti di Institut Karolinska Stockholm melaporkan bahwa mendengkur dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Pada penelitian tersebut, sejumlah ilmuawan mengambil jaringan pada tenggorokan dari 21 orang yang kerap mendengkur saat tidur dan 10 orang yang tidurnya tidak mengorok. Hasilnya, mereka yang tidurnya mendengkur mempunyai kelainan pada otot tenggorokannya.

Selain menjadi penyebab masalah kesehatan yang lebih parah lagi, faktanya mendengkur juga menjadi tanda ada masalah pada kesehatan.

Misalnya jika Anda penderita tekanan darah tinggi, bisa jadi Anda kerap mendengkur saat tidur. Begitupun ketika Anda memiliki penyakit jantung atau sering merasa lelah. Jika Anda obesitas atau memiliki berat badan berlebihan, bisa jadi Anda pun kerap tidur mendengkur.

Selain jadi tanda ada masalah kesehatan pada tubuh Anda, tidur mendengkur juga bisa disebabkan lantaran sejumlah kebiasaan yang tidak akan Anda sangka sebelumnya. Seperti dilansir dari Medical Daily, berikut penyebab tidur mendengkur:

Bentuk Mulut

Bentuk mulut seseorang ternyata juga berpengaruh terhadap kebiasaan tidur mendengkur. Pada sebagian orang yang dengan kondisi mulut tertentu lebih mudah mengorok saat tidur dibandingkan bentuk mulut yang biasa.

Misalnya, orang yang memiliki bentuk bibir lebih rendah, tebal dan juga langit-langitnya lebih lembut cenderung mengorok saat tidur. Hal ini terjadi lantaran mereka memiliki saluran udara yang cukup sempit bila dibandingkan dengan orang lainnya, karena kondisi ini suara napas mereka pun akan lebih nyaring terdengar.

Badan Gemuk

Orang gemuk cenderung lebih mudah mendengkur. Hal ini terjadi karena berat badan yang lebih besar maka ototnya pun lebih lemah, selain itu lapisannya pada tenggorokan dan lehernya pun lebih banyak. Kondisi inilah yang jadi penyebab tidur mendengkur pada orang-orang gemuk.

Konsumsi Alkohol

Jika Anda mengonsumsi alkohol sebelum tidur, bisa jadi Anda lebih mudah mendengkur saat malam hari. Hal ini terjadi lantaran usai minum alkohol, otot saluran pernapasan akan lebih relaks, selanjutnya Anda akan tidur sangat pulas sehingga tidak menyadari tidur mendengkur dengan keras.

Begitu pun jika Anda tak biasa mendengkur sebelumnya, efek alkohol yang Anda konsumsi bisa membuat Anda tidur pulas bahkan sampai mengorok.

Tidur Telentang

Penyebab tidur mendengkur yang satu ini sudah banyak diketahui, ya tidur dengan posisi telentang bisa jadi membuat Anda tidur dengan mengorok.

Namun tak banyak yang tahu saat tidur telentang, rahang dan lidah akan bergerak ke bagian belakang tenggorokan, hal inilah yang bisa menyebabkan tidur mendengkur.

Cara mengatasinya Anda bisa dengan berganti posisi tidur. Salah satunya terbukti ketika Anda tidur dalam posisi miring maka akan jarang mengorok.

Faktor Usia

Faktanya semakin tua usia seseorang, maka semakin sering ia mendengkur saat tidur. Hal ini terjadi lantaran penurunan lapisan saraf dalam tubuh.

Beberapa pakar menyarankan orang lanjut usia untuk melakukan olahraga tertentu untuk mengurangi tidur mendengkur. Ada juga yang menyebut, melatih suara dengan bernyanyi, misalnya dapat mengurangi dengkuran.

Jenis Kelamin

Anda tidak akan menyangka jika jenis kelamin juga berpengaruh terhadap kebiasaan tidur mendengkur. Tahukah Anda jika tidur mengorok umumnya dialami oleh para pria?

Penelitian menunjukkan pria memiliki saluran pernapasan yang lebih sempit dibandingkan seorang wanita. Hal ini yang jadi alasan kenapa pria kerap punya kebiasaan mendengkur dibandingkan wanita.

Selain itu, pria yang banyak minum alkohol juga rentan mendengkur, penyebabnya lantaran peradangan yang diakibatkan konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi.

Itulah penyebab tidur mendengkur yang mungkin tidak Anda sangka sebelumnya. Ada banyak cara untuk mengatasi tidur mendengkur, salah satunya Anda bisa mulai mencari tahu penyebabnya untuk kemudian ‘mengobatinya’. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...