Peringati Hari Veteran Nasional, PPM Kota Banjar Bersihkan Taman Makam Pahlawan

Hari Veteran Nasional ke-70, Pengurus Cabang Pemuda Panca Marga (PC PPM) Kota Banjar, melaksanakan kegiatan bhakti sosial bersih-bersih di Taman Makam Pahlawan, Sabtu (10/08/2019). Photo : Eva/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Memperingati Hari Veteran Nasional ke-70, Pengurus Cabang Pemuda Panca Marga (PC PPM) Kota Banjar, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan bhakti sosial bersih-bersih di Taman Makam Pahlawan, Jalan Husein Kartasasmita, Kota Banjar, Sabtu (10/08/2019).

Dalam kegiatan tersebut, PC PPM Kota Banjar menggandeng Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) Kota Banjar, Kodim Ciamis, dan Koramil Banjar.

Ketua PC PPM Kota Banjar, Ujang S Bachyan, SIP., mengatakan, bertepatan dengan Hari Veteran Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Agustus ini, pihaknya sengaja mengadakan kegiatan bersih-bersih di Taman Makam Pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para orang tua yang telah berjuang membela NKRI.

“PPM peduli penegak NKRI. Kegiatan ini untuk mengingat orang tua yang sudah tidak ada, jadi kita hargai jasa-jasa perjuangannya dalam membela NKRI, dan PPM sendiri siap menjaga keutuhan NKRI,” kata pria yang akrab disapa Kang UJB itu, kepada HR Online, di sela-sela kegiatannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemuda Panca Marga sebagai putra-putri veteran Indonesia merupakan generasi penerus perjuangan bangsa yang punya kewajiban, serta bertanggungjawab untuk melestarikan nilai-nilai perjuangan dan mengisi kemerdekaan dengan cara melaksanakan pembangunan nasional sebagai sebagai pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Kegiatan bersih-bersih di Taman Makam Pahlawan merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada para orang tua yang telah berjuang membela NKRI. Photo : Eva/HR.

Pemuda Panca Marga juga terpanggil dan tersentuh jiwanya oleh pengorbanan para veteran Indonesia yang telah menyumbangkan jiwa, raga dan hartanya dalam memperjuangkan NKRI.

Pihaknya pun bertekad bulat untuk mewarisi, melestarikan jiwa, semangat serta nilai-nilai kemerdekaan 1945 dengan jalan melaksanakan secara murni dan konsekuen.

“Anggota PPM sebagai warga NKRI harus bersatu, kebersamaan dalam keberagaman. Itulah sejatinya kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia yang damai. Karena kita didasari Bhineka Tunggal Ika,” tandasnya.

Kang UJB juga menegaskan, sambung rasa antar warga dari masa ke masa adalah warisan para pendahulu/leluhur yang harus dijaga hingga menutup mata. Untuk itu, pihaknya tidak akan pernah membiarkan perbedaan pandangan politik, keyakinan agama, maupun kepentingan ekonomi mengoyak keberagaman yang telah dinikmati selama berabad-abad.

“Mari kita jadikan setiap momentum sebagai kesempatan untuk terus menguatkan dan mempersatukan kita,” pungkasnya. (Eva/R3/HR-Online)