Perkemahan Pemdes Pasirnagara Ciamis Sambut HUT ke-74 RI

Perkemahan Pemdes Pasirnagara
Para anggota Pramuka dari SD dan SMP di Desa Pasirnagara, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat mengikuti perkemahan di halaman kantor desa, Selasa (13/8/2019). Foto; Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 dan Hari Pramuka, Pemerintah Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengadakan kegiatan kemah di halaman Kantor Desa, Selasa (13/08/2019).

Perkemahan Pemdes Pasirnaraga tersebut diikuti oleh anggota Pramuka dari tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang ada di Desa Pasirnagara.

Sekretaris Desa Pasirnagara, Ahmad Jaelani, mengatakan, Pemdes Pasirnagara sengaja mengadakan perkemahan setelah banyaknya usulan dari lembaga pendidikan yang berada di lingkup Desa Pasirnagara.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan dua kali dengan sekarang. Awalnya kegiatan ini selalu diusulkan oleh semua lembaga pendidikan saat musyawarah bersama di desa. Para lembaga pendidikan ini mengusulkan agar diadakan kemah bersama tingkat desa lantaran selama dua tahun ini tidak pernah ada kegiatan kemah di tingkat kecamatan. Dari usulan tersebut Pemdes akhirnya merealisasikan usulan hingga terlaksananya kegiatan seperti sekarang ini” katanya.

Masih dikatakan Jaelani, kegiatan perkemahan tersebut selalu dilaksanakan setiap hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus, disatukan dengan kegiatan HUT RI di tingkat Desa.

“Kegiatan kemah ini kita kolaborasikan dengan kegiatan PHBN, jadi selain kemah, semua kegiatan lomba yang melibatkan masyarakat dalam rangka menyambut HUT RI dilaksanakan di satu lokasi,” terangnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Pasirnagara, Kusmana, mengatakan, kegiatan perkemahan saat ini sudah menjadi agenda rutin tahunan Pemdes Pasirnagara.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Pemdes Pasirnagara. Dimana untuk kegiatan kemah ini diikuti oleh empat lembaga pendidikan yang ada di Desa Pasirnagara. Seperti MI 1 Pasirnagara dan SD 2 Pasirnagara, serta MTS Fisabilillah Pasirnagara. Empat lembaga pendidikan ini yang telah mengusulkan agar diadakan kegiatan perkemahan, demi terwujudnya kesinambungan dunia pendidikan dengan masyarakat,” terangnya.

Kegiatan perkemahan di Desa Pasirnagara tersebut akan dilaksanakan selama sehari semalam yang akan dipadati dengan acara-acara kegiatan Hari Besar Nasional oleh pihak Pemdes Pasirnagara.

Puncak perkemahan, panitia berencana akan melaksanakan kegiatan api unggun yang akan dibarengi dengan pentas kesenian daerah yang ada di Desa Pasirnagara. (Suherman/R7/HR-Online)