Perkuat Pendidikan Karakter, Kwarcab Pramuka Pangandaran Gelar Perkemahan

Hari Pramuka di Pangandaran
Sejumlah pelajar mengikuti perkemahan di Pangandaran dalam rangka menyambut Hari Pramuka, Selasa (13/8/2019). Foto: Entang/SR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka memperingati hari Pramuka tanggal 14 Agustus mendatang, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pangandaran menggelar serangkaian kegiatan, seperti perkemahan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ada di Pangandaran, mulai dari tingkat SD hingga SLTA.

Mabicab Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata melalui Mabiran Kadisdikpora, Surman, mengatakan, inti dari pelaksanaan peringatan Hari Pramuka tahun ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota Pramuka dan meningkatkan pendidikan karakter di wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran secara serentak menggelar Pramuka dan berkemah, namun kegiatannya dilaksanakan di masing masing sekolah, hal tersebut guna memudahkan para pembina dalam memberikan materi Pramuka,” katanya, Selasa (13/8/2019) malam.  

Salah satu perkemahan Pramuka di Pangandaran digelar di SDN 1 Babakan. Mabigus SD 1 Babakan, Sumiati, mengatakan, tema Pramuka kali ini adalah untuk penguatan pendidikan karakter para siswa di sekolah.  

“Dalam kegiatan Pramuka ini yang dilibatkan hanya kelas 4 sampai kelas 6, selain itu, SD 1 Babakan jadi salah satu sekolah yang diberikan kepercayaan oleh pihak kabupaten dalam program pembinaan berbasis zonasi,” terang Sumiati.

Pada kegiatan Pramuka yang digelar Selasa (13/8/2019) siang, para siswa SDN  1 Babakan mendapatkan berbagai pengetahuan seperti materi kepramukaan, PBB, dan Sejarah Pramuka.

“Kegiatan Pramuka di SD 1 Babakan diakhiri dengan kegiatan api unggun yang merupakan tradisi dalam Pramuka,” pungkas Sumiati. (Entang/R7/HR-Online)