Program BSMSS Kodim 0613 Disambut Antusias Warga Jagabaya Ciamis

Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Arm. Tri Subagio, secara simbolis memberikan sekop sebagai tanda dibukanya program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), di Desa Jagabaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Senin (19/08/2019). Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kegiatan program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) disambut antusias warga Desa Jagabaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kegiatan BSMSS dilaksanakan Kodim 0613, yang bersinergi dengan Pemda Ciamis dan Polres Ciamis itu dibuka langsung oleh Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Arm. Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., Senin (19/08/2019), di Aula Kantor Desa Jagabaya.

Tri Arto Subagio, mengatakan, kegiatan program BSMSS ini dilaksanakan sebagai sarana untuk memupuk, menumbuhkembangkan persatuan, solidaritas sosial, kekompakan, serta keterpaduan semangat bergotong-royong antara TNI, unsur pemerintah daerah, pihak kepolisian, dan warga dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan BSMSS di Desa Jagabaya ini akan dilaksanakan dari tanggal 19 Agustus sampai 1 September 2019. Kegiatan ini wujud ikatan kemanunggalan antara TNI, dengan Polri, dan segenap jajaran pemerintah daerah, serta dengan semua lapisan masyarakat, khususnya wilayah Ciamis,” jelasnya.

Lebih lanjut Tri Arto mengatakan, keterlibatan lintas instansi dan masyarakat ini sebagai wujud komitmen moral warga Siliwangi, untuk membantu Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam program BSMSS kali ini dilaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik. Untuk kegiatan fisik diantaranya pembangunan rabat beton jalan lingkungan di Dusun Jagabaya 2 sepanjang 300 meter, dengan lebar 2,5 meter.

Sedangkan, kegiatan non fisiknya akan dilaksanakan sosialisasi lintas instansi, yakni sosialisasi tentang KB oleh Dinas KB, penyuluhan narkotika dari BNNK Ciamis, serta pelatihan kerajinan dan industri UKM dari Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis.

“Diharapkan dengan kegiatan BSMSS bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Tak hanya bentuk pembangunan, tapi memberikan wawasan dan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraanya,” tandas Tri Arto.

Sementara itu, Bupati Ciamis yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis, H. Lily Romli, mengatakan, tujuan dari kegiatan BSMSS ini adalah untuk memberikan motivasi, sekaligus stimulant kepada masyarakat.

Melalui program BSMSS ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi, dan sumber daya yang dimiliki.

“Sehingga nantinya akan berdampak positif bagi proses penyadaran dan pemberdayaan masyarakat, untuk membangun diri dan lingkungannya secara swakarsa dan swadaya,” kata Lily.

Pihaknya yakin, dengan adanya BSMSS ini akan semakin menunjukkan bahwa keberadaan prajurit TNI bukan hanya mampu menjaga stabilitas dan keutuhan NKRI, tapi juga mampu berperan sebagai agen pembaharu.

Selain itu, prajurit TNI juga sebagai pengungkit tumbuhnya semangat pemberdayaan masyarakat agar lebih kreatif, mampu dan mandiri dalam melakukan proses perubahan.

Di tempat yang sama, Camat Panawangan, H. Ono Rohana, mengapresiasi kegiatan BSMSS yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Panawangan. Bahkan, kegiatan tersebut juga disambut antusias warga Desa Jagabaya.

“Kecamatan Panawangan ini terdiri dari 18 desa, dan merupakan paling banyak di Ciamis. Jadi, saya rasa kegiatan BSMSS ini harus dilanjutkan di Panawangan, karena kegiatan BSMSS ini sangat berguna bagi masyarakat,” tandasnya. (Jujang/R3/HR-Online)