Program Kewirausahaan Sekolah, Siswa SMAN 1 Pangandaran Dibekali Modal

Peluncuran program kewirausahaan sekolah
Peluncuran program kewirausahaan sekolah di SMAN 1 Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-Kementrian Pendidikan Republik Indonesia meluncurkan Program Kewirausahaan Sekolah di SMAN 1 Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas siswa, Selasa (6/8/2019).

Kepala SMAN 1 Pangandaran, Undang Kosasih, peluncuran program di sekolah tersebut bermula dari pelajaran yang berbasis kearifan lokal (PBKL) berupa kewirausahaan yang terus mengalami perubahan berkali-kali hingga menjadi lebih baik.

“Dari program kewirausahaan sekolah ini, siswa sekarang bisa memasarkan produknya. Kalau kemarin-kemarin siswa kan hanya membuat produknya saja, terutama produk kuliner. Dengan adanya ini diharapkan siswa bisa lebih fokus lagi,” jelas Undang.

Undang menjelaskan, di sekolahnya terdapat 36 kelompok siswa yang bergerak dalam bidang kewirausahaan. Dari masing-masing kelompok ini mereka dibekali uang sebesar Rp 700 ribu untuk dikembangkan masing-masing.

“Mudah-mudahan dengan motivasi pemberian modal ini mereka bisa lebih semangat dalam menjalankan program yang sudah dijalankan di sekolah. Harapan besarnya, tentu mereka ke depan bisa lebih mandiri,” pungkasnya.

Koordinator Wilayah 13 Disdik Provinsi Jabar, Heri, mengatakan, pihaknya merespon baik program kewirausahaan sekolah yang diluncurkan di SMAN 1 Pangandaran. Meski sangat bagus, namun ia menyampaikan di semua sekolah yang ada di Jabar belum bisa menerapkan program tersebut.

“Baru beberapa sekolah saja yang begini. Setelah SMAN 1 Pangandaran ditetapkan sebagai pelaku program kewirausahaan ini, semoga bisa berkembang lebih baik dan menjadi barometer bagi sekolah lain yang ada di Jawa Barat. Apalagi di sini kondisinya sangat cocok,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, pihaknya mengapresiasi program kewirausahaan SMAN 1 Pangandaran yang memberikan edukasi kepada siswa untuk bisa mandiri sejak dini.

“Ini patut dicontoh bagi sekolah lain untuk mendidik siswanya. Selain prestasi akademik perlu, prestasi lain juga perlu dikembangkan seperti bidang kewirausahaan. Alhamdulillah SMAN 1 Pangandaran dapat bantuan saranan ibadah dari Qatar Charity. Karena pengelolaan di Provinsi, maka ini diberikan ke Provinsi. Semoga bisa manfaat dan digunakan sebaik-baiknya,” kata Jeje. (Entang/Koran-HR)