Raih Kursi Terbanyak, Ketua DPRD Ciamis ‘Milik’ PDIP

ketua DPRD Ciamis 2019
Pelantikan Anggota DPRD Ciamis periode 2019-2024 di Gedung DPRD, Senin (5/8/2019). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tercatat sebagai partai peraih kursi terbanyak di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis. Karena itu, anggota dewan terpilih dari PDIP berhak menduduki kursi ketua DPRD Ciamis 2019-2024.

H Oih Burhanudin selaku mantan Wakil Bupati Ciamis yang terpilih kembali menjadi anggota DPRD Ciamis periode 2019-2024, mengaku, belum mengetahui siapa yang akan menduduki Ketua DPRD Ciamis. Lantaran keputusannya tergantung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. 

“Untuk Ketua DPRD nanti ada surat dari partai, ya kita tunggu saja. Bisa Pak Syarif yang juga Sekjen DPC PDIP Ciamis, bisa juga Pak Nanang (Ketua DPC PDIP Ciamis). Nanti urusannya dari sana (DPP PDIP),” kata Oih seusai mengikuti pelantikan di Gedung DPRD Ciamis, Senin (5/8/2019).

Meskipun PDIP mendapat jatah Ketua DPRD Ciamis, Oih mengaku jumlah perolehan suara untuk PDIP pada Pileg 2019 menurun jika dibandingkan dengan tahun 2014.

Jika pada periode sebelumnya PDIP meraih 12 kursi, maka pada periode 2019-2024, PDIP hanya berhasil mendudukkan 12 kadernya di DPRD Ciamis. Hal itu, kata dia, akan menjadi catatan untuk para kader agar tahun pemilihan selanjutnya bisa lebih baik.

“Itulah kondisi yang harus diperbaiki. Karena masyarakat kan dinamis. Ke depan mungkin dipastikan akan ada perubahan lah ya. Nanti juga menang lagi,” ucap mantan Ketua DPC PDIP Ciamis itu.

Oih juga berharap, dengan terpilihnya Ketua DPC Ciamis yang baru, yaitu Nanang Permana, PDIP bisa membawa perubahan lebih baik untuk masyarakat Ciamis. 

“Ketua DPC Ciamis Pak Nanang, sudah selesai. Beliau memimpin PDIP di Ciamis. Mudah-mudahan lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Nanang Permana, ketua DPC PDIP mengatakan, dari 9 anggota dewan terpilih dari PDIP diusulkan menjadi bakal calon Ketua DPRD Ciamis 2019, namun untuk hasilnya, Nanang mengatakan, hal itu merupakan kewenangan DPP.  

“Anggota DPRD terpilih PDIP ada 9 orang, termasuk saya. Kami semua menjadi bakal calon Ketua DPRD Ciamis dan hasilnya pun kewenangan DPP,” ucap Nanang. 

Nanang menambahkan perolehan kursi dewan PDIP di DPRD Ciamis memang menurun. Nanang berharap pada tahun pemilihan selanjutnya raihan kursi bisa bertambah kembali.

“Mudah-mudahan ke depan bisa bertambah,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)