Ratusan Warga Langkaplancar Pangandaran Gelar Acara Tradisi Tahunan

Ratusan warga Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, saat mengikuti tradisi tahunan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Ratusan warga Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar acara tradisi tahunan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang.

Tradisi tahunan berupa permainan tradisional yang biasa digelar warga di daerah tersebut diantaranya lomba berjalan di atas bambu dan menangkap ikan di sungai.

Jani, salah seorang warga, mengatakan, kedua permainan tradisional itu tidaklah mudah. Seperti halnya berjalan di atas bambu. Menginggat bambu yang digunakan terlebih dahulu diberi penglicin oleh pihak panitia.

“Sedangkan, kalau untuk menangkap ikan, warga harus menangkapnya dengan tangan kosong, tidak boleh menggunakan alat,” terang Jeni, kepada HR Online, Rabu (07/08/2019), saat dijumpai dalam kegiatan tradisi tahunan.

Di tempat yang sama, Aceng, panitia penyelenggara, menjelaskan, permainan tradisional yang digelar ini selalu diikuti oleh ratusan warga Desa Langkaplancar, mulai orang tua sampai anak-anak, termasuk kaum wanitanya.

“Semua warga berbaur ikut serta untuk meramaikan acara tradisi tahunan ini. Bagi warga yang berhasil melintasi rintangan bambu dan menangkap ikan di sungai berhak mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan pihak panitia,” jelasnya.

Aceng menambahkan, kegiatan ini merupakan warisan tradisi dari para leluhur Langkaplancar, Pangandaran, sehingga akan selalu digelar setiap tahun, tepatnya setiap bulan Agustus. (Ntang/R3/HR-Online)