Saat Memasak Ditinggal Pergi, Rumah Warga di Ciamis Ini Terbakar

Saat memasak ditinggal pergi
Saat memasak ditinggal pergi, rumah milik Yana warga Dusun Kertajaga RT 02/RW 01 Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Kamis (15/08/2019). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Diduga gara-gara saat memasak ditinggal pergi, rumah milik Yana warga Dusun Kertajaga RT 02/RW 01 Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Kamis (15/08/2019), sekitar pukul 15.00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun HR Online, diduga api bersumber dari tungku yang sedang menyala dan percikannya terbawa angin, kemudian menyambar dinding yang terbuat dari bilik. Terlebih saat kejadian tidak diketahui pemilik rumah. Akibatnya bangunan dapur rumah Yana ludes terbakar.

Sebelum terjadi kebakaran, pemilik rumah sedang melakukan aktivitas memasak di ruangan dapur. Si pemilik ceroboh meninggalkan rumah saat tungku masih manyala.

Diduga saat tungku sedang menyala, angin berhembus ke dalam dapur. Percikan api dari tungku terbawa angin dan kemudian menyambar dinding dapur yang terbuat dari bilik. Api pun langsung membakar dinding dan merembet ke seluruh bangunan dapur.

Beruntung warga sekitar sigap memadamkan api. Sehingga kebakaran tidak meluas ke seluruh bangunan rumah.

Yanti Istri Yana, mengaku sebelum terjadi kebakaran dirinya sedang memasak. Saat itu, kata dia, dirinya meninggalkan dapur dan pergi ke luar rumah dalam beberapa menit

“Ketika pulang ke rumah, ternyata bangunan dapur sudah terbakar. Saya pun tidak bisa berbuat banyak, karena api sudah membesar,” katanya.

Warga yang mengetahui kebakaran langsung melakukan pemadaman. Dengan menggunakan mesin pompa dan mengambil air dari kolam, warga berjibaku memadamkan api. Akhirnya api berhasil dipadamkan.

Namun begitu, bangunan dapur beserta isinya tidak bisa diselamatkan. Hanya tindakan warga bisa mencegah api tidak membakar seluruh bangunan rumah.

“Hanya ruangan dapur saja yang terbakar,” kata Kepala Desa Sukajaya, Herdis.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Hanya pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. (Suherman/R2/HR-Online)

Loading...