Sambut HUT ke-74 RI, Reog Ponorogo Tampil di Kawali Ciamis

reog ponorogo di Kawali
Kesenian asli Jawa Timur, Reog Ponorogo, saat tampil di Desa Kawali Mukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Reog Ponorogo, kesenian tradisional asli Jawa Timur menghibur warga Desa Kawali Mukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dalam kegiatan menyambut peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Minggu (4/8/2019).

Atik, warga sekitar, mengatakan, kesenian Reog Ponorogo tak hanya diminati oleh orang Jawa Timur, tetapi masyarakat Kawali juga banyak yang suka terhadap kesenian tersebut.

“Selain dapat menghibur, juga  terbilang murah meriah,” katanya.

Hal tersebut, kata Atik, terlihat dari banyaknya warga yang berbondong-bondong mendatangi tempat hiburan reog Ponorogo.

“Meski, hanya mengandalkan cerita tentang pertunjukan reog ini dari mulut ke mulut, namun setiap harinya banyak warga yang rela menunggu lama demi menyaksikan pertunjukan Reog,” terang Atik.

Lebih lanjut Atik mengatakan, Reog Ponorogo di Kawali ini banyak peminatnya dan masih menjadi salah satu alternatif hiburan.

“Hiburan yang tidak kalah kualitasnya dengan pertunjukan mahal di dalam gedung,” kata Atik.

Ahmad Hidayat, perangkat Desa Kawali Mukti, menerangkan, kesenian Reog Ponorogo di Kawali merupakan rangkaian acara dalam menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kesenian ini bukan saja mendatangkan keuntungan bagi kelompoknya, akan tetapi mampu memberikan kebanggaan tersendiri. Terlebih, setiap harinya penontonnya selalu banyak,” katanya.

Ahmad menambahkan kesenian Tradisional masih mampu bersaing dengan kesenian modern.

“Di sisi lain untuk menjadi hiburan atau tontonan bagi masyarakat, juga ikut melestarikan kebudayaan yang sudah menjadi sebuah keharusan bagi setiap warga Indonesia,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...