Samsung Galaxy Note 10 Sudah Tersedia di Indonesia, Cek Spesifikasinya di Sini

Samsung Galaxy Note 10 Sudah Tersedia di Indonesia
Samsung Galaxy Note 10 dan 10+. Foto : Samsung.com

Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+ yang baru saja dirilis di Indonesia ini, turut memperkuat posisi pabrikan ponsel asal Korsel ini sebagai smartphone nomor 1 di Tanah Air.

Itu dibuktikan berdasarkan data yang bersumber dari Internasional Research Agency, dengan market share premium smartphone Samsung di Indonesia sebesar 66 persen.

Meski dari data yang dirilis Canalys, analis pasar HP, Samsung di Indonesia berada di posisi kedua, atau kalah dari HP Oppo pada kuartal dua 2019.

Walaupun dari hasil riset lainnya yang dilakukan oleh Counterpoint Research, Samsung sebagai jawara di periode April-Juni 2019 di pasar Indonesia.

Lantas mengapa smartphone Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+ bisa memperkuat posisi vendor asal Korea Selatan ini di Indonesia?.

Baca juga: Samsung Galaxy Note10 dan 10+ Resmi Hadir di Indonesia

Rupanya smartphone tersebut memiliki performa yang kuat, desain yang indah, kemampuan untuk berkreasi, serta fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

Intinya, Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+ yang baru saja hadir di pasar Indonesia ini, membawa spesifikasi unggulan serta fitur yang canggih.

Penasaran seperti apa spesifikasi serta fiturnya? Berikut ini HR Online ulas secara mendalam spek dari Galaxy Note 10 dan Note 10+.

Layar Samsung Galaxy Note 10 dan 10+

Julukan dari layarnya adalah “The Power of Design”. Hal itu dikarenakan menawarkan desain yang sangat bergaya serta slim, ketimbang generasi sebelumnya, yakni Note 9. 

Bahkan, ratio screen to body-nya lebih gede, sehingga terlihat bezel-nya tipis dengan tidak ada notch. Hanya memberikan “ruang” kecil untuk kamera selfie.

Untuk ukuran layarnya, Samsung Galaxy Note 10 memiliki bentang layar 6.3 inci, dengan resolusi 1080 x 2280 piksel dan aspek rasio 19:9. 

Layarnya juga dikemas dengan Cinematic Infinity Display dan dibekali panel terbaik yakni Dynamic AMOLED. Selain itu layarnya diproteksi Corning Gorilla Glass.

Sedangkan Galaxy Note 10+ mempunyai bentang layar berukuran lebih besar yakni 6,8 inci. Meski berlayar besar namun tetap nyaman dalam genggaman.

Resolusi dari layarnya 1440 x 3040 piksel dan aspek rasio mencapai 19:9. Dan juga sama-sama dikemas Cinematic Infinity Display, Dynamic AMOLED, dan diproteksi Corning Gorilla Glass.

Kedua versi ini juga memiliki sertifikasi HDR10+ dan Dynamic Tone Mapping, sehingga foto dan video menjadi lebih terang dibandingkan seri Note sebelumnya.

Tidak cuma itu, potongan kamera symetric Infinity O-Display memberikan kesan desain yang lebih premium atau berkelas, clean dan dramatis.

Kekuatan Performa

Kekuatan dari performa Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+ adalah bersumber dari dapur pacu yang dipersenjatai chipset Exynos 9825.

Chipset terbaru yang dipasangkan pada Note 10 series ini berteknologi EUV 7nm, sehingga ukurannya lebih kecil ketimbang “otak” yang lain.

Untuk kapasitas RAM, Galaxy Note 10 sebesar 8 GB yang dipadukan dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Namun tidak dibekali dengan slot microSD atau sejenisnya.

Sedangkan Galaxy Note 10+ hadir dalam dua opsi, diantaranya RAM 12 GB dengan internal memori 256 GB, serta versi kedua RAM 12 GB / 512 GB.

Dengan performa yang sangat powerful ini, maka untuk yang demen bermain game-game berat tidak usah khawatir. Samsung mengklaim tidak akan menemui kendala saat bermain.

Hal itu disebabkan karena memiliki fitur vapor chamber cooling system tertipis di dunia, yang memberikan kinerja optimal selama bermain game sambil menjaga perangkat tetap ramping dan sleek.

Dengan Game Booster berbasis AI (kecerdasan buatan) ini, maka Samsung Galaxy Note 10 mengoptimalkan kinerja dan konsumsi daya tergantung pada game.

Meski tidak dibekali dengan slot microSD namun besaran kapasitas internal memori sangat besar, maka tetap bisa menyimpan ribuan foto, aplikasi, video 4K dan video di smartphone.

Sektor Jeprat-jepret

Samsung Galaxy Note 10 dibekali dengan tiga kamera di belakang. Ketiga  kamera itu masing-masing 12 MP, 12 MP dengan bukaan lensa f/2.1 (telephoto), dan 16 MP (ultrawide).

Sedangkan di bagian depan atau kamera selfie yang dipasang di punch hole, memiliki lensa beresolusi 10 MP dengan bukaan f/2.2.

Sementara pada Note 10+ tidak berbeda jauh dengan 3 kamera di belakang, hanya ditambahkan kamera TOF (Time of Flight) 3D VGA kamera.

Kamera TOF ini selain dipakai untuk sensor infra merah, juga dapat digunakan untuk pengenalan wajah, peta 3D, dan menambah efek bokeh di foto.

Fitur yang tersedia antara lain Zoom-In Mic, menggunakan ketiga mikrofon yang tertanam yang memungkinkan perekaman terarah. Bisa merekam video sambil menyesuaikan suara yang Anda akan sorot.

Kemudian Live Focus Video,memungkinkan menambahkan berbagai efek pada latar belakang video, termasuk efek bokeh (Blur, Big Circle, Colour Point, Glitch).

Fitur ini menyesuaikan Depth of Field pada video Anda untuk menghasilkan video presisi yang lebih artistik sehingga Anda memilki kontrol penuh atas semua cerita yang dibuat.

Fitur 3D Scanner & Quick Measureyang ada di Note10+.Pemindai 3D dengan kamera Depth Vision memungkinkan Anda untuk menangkap subjek dalam rendering 3D.

Sehingga Anda bisa membuat gambar 3D (dimensi) yang asyik, dan termasuk dalam foto atau video yang diinginkan.

Sementara Quick Measure ini memungkinkan Anda mengetahui jarak, panjang, serta kedalaman objek, dan lainnya hanya dengan pemindaian sederhana.

Selain itu ada juga fitur Advanced Super Steady, untuk menstabilkan saat merekam dalam keadaan berlari, bersepeda atau ketika menggunakan skateboard.

Dan fitur Video Editor,yang memungkinkan pengguna mengedit video seperti menempelkan beberapa klip video ke dalam satu film, menggabungkan efek transisi, dan lainnya.

Spesifikasi Lainnya

Kapasitas baterai dari Samsung Galaxy Note 10 adalah sebesar 3500 mAh. Tersedia juga fitur SuperFast Charging dan Wireless PowerShare.

SuperFast Charging hanya dengan 30 menit pengisian daya, Galaxy Note10+ bisa bertahan seharian, dengan kemampuan wired charging hingga 45W.

Sedangkan Wireless PowerShare bisa mengisi daya secara wireless untuk Galaxy Watch, Galaxy Buds, atau perangkat lainnya yang sudah Qi-Enabled dengan Galaxy Note 10.

Dimensi Samsung Galaxy Note 10 adalah 71,8x151x7,9 mm dengan berat 168 gram. Sedangkan Note10+ berdimensi 77,2×162,3×7,9 mm dan beratnya 196 gram.

Harga

Smartphone Samsung Galaxy Note 10 sendiri memiliki RAM dengan kapasitas sebesar 8 GB serta didukung penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Sedangkan Galaxy Note 10+ hadir dalam dua opsi, diantaranya RAM 12 GB dengan internal memori 256 GB, serta versi kedua RAM 12 GB / 512 GB.

Untuk harganya, Samsung Galaxy Note 10 dipatok Rp 13.999.000, sedangkan Note10+ dengan RAM 12 GB/256 GB dibanderol Rp 16.499.000, dan RAM 12 GB/512GB seharga Rp 18.999.000. (Adi/R5/HR-Online)