Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita PangandaranSanksi Penangkap Ikan Pakai Portas di Pangandaran Dipertanyakan

Sanksi Penangkap Ikan Pakai Portas di Pangandaran Dipertanyakan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Masyarakat Pecinta Lingkungan menyambut baik syaembara Bupati Pangandaran yang akan memberikan hadiah kepada warga yang melaporkan adanya penangkap ikan pakai portas atau potasium.

Idan, pecinta lingkungan Langkaplancar, mengatakan, dirinya menyambut baik apa yang dikatakan Bupati Pangandaran H.Jeje Wiradinata saat melakukan penebaran benih ikan di Sungai Cimandala beberapa waktu lalu, yang mana menegaskan bakal memberikan ketegasan terhadap pelaku penangkapan ikan menggunakan portas.

“Jika itu benar-benar dilaksanakan, saya kira ini menjadi sesuatu yang patut diapresiasi. Sebab, dengan begitu akan membuat efek jera masyarakat yang melakukan penangkapan ikan menggunakan bahan kimia tersebut,” jelasnya kepada HR Online, Minggu (4/8/2019).

Idan menambahkan, penangkapan menggunakan portas tidak hanya dilarang oleh pemerintah, namun secara kesehatan juga membahayakann. Maka, kata ia, semua pihak harus bersama-sama mengawasi dan memantau perilaku masyarakat atau siapa saja yang sudah terlanjur membiasakan menangkap ikan menggunakan pottasium tersebut.

“Portas selain membunuh ikan dan mengancam populasinya serta membahayakan bagi kesehatan manusia, namun saya masih sangsi dengan hukuman apa yang akan diberikan Bupati ketika ada yang tertangkap,” jelasnya.

Meski yang dikatakan oleh Bupati soal pelarangan penggunaan portas di Cigugur beberapa hari lalu, ia harap di kecamatan lain juga diberlakukan. Hal itu agar sungai-sungai di Pangandaran tetap terjaga dengan baik.

“Sekali lagi, kita masih perlu sosialisasi sanksi seperti apa yang akan diberikan kepada pelaku penangkapan ikan menggunakan portas. Kita apresiasi langkah itu, namun harus diperjelas lagi agar tidak mengambang di kemudian hari,” pungkasnya. (Enceng/R6/HR-Online)

Baca juga: Laporkan Pelaku Pencemaran Sungai Pakai Portas di Pangandaran dapat Rp 1 Juta

- Advertisment -