Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita PangandaranSatu Hektar Lahan Pertanian di Pangandaran Terbakar

Satu Hektar Lahan Pertanian di Pangandaran Terbakar

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Satu hektar lahan pertanian di Blok Gunung Sindang Cipisan, Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terbakar, Kamis (29/08/2019).

Wawan, salah seorang warga Desa Tunggilis, mengatakan, satu hektar lahan pertanian yang terbakar itu milik tiga orang warga setempat, yakni Totong, Didi, dan Tukimin.

“Warga yang tidak jauh dari lokasi kejadian ramai-ramai berusaha memadamkan api dengan cara memukul dengan tongkat, karena sumber air sangat jauh,” kata Wawan, kepada HR Online, Kamis (29/08/2019).

Dia juga juga mengatakan, terkait peristiwa kebakaran lahan itu, Pemerintah Desa Tunggilis juga telah melaporkan kepada pihak kepolisian dan BPBD Kabupaten Pangandaran.  

Dalam peristiwa ini, pepohonan milik tiga orang tersebut, seperti pohon sawo, kelapa, dan bambu ludes terbakar. 

Pihak BPBD melalui Pusdalop Kabupaten Pangandaran langsung mengirimkan petugas pemadam kebakaran (Damkar) untuk memadamkan api.

Di tempat terpisah, Kapolsek Kalipucang, AKP. Jumeli, membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dugaan sementara api diduga berasal dari puntung rokok. Mengingat pada siang harinya di lokasi itu terdapat bekas menebang pohon.

“Diduga pula penebang membuang puntung rokok, yang selanjutnya tertiup angin dan terjadilah kebakaran ini. Pihak kepolisian dan TNI bekerjasama dengan warga memadamkan api yang masih menyala, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” terang AKP. Jumeli. (Ntang/R3/HR-Online)

- Advertisment -