Posisi Tidur Miring ke Kanan Ternyata Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Posisi tidur miring ke kanan ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentunya menjadi kabar baik untuk kamu yang suka tidur dengan posisi menyamping. Photo : Ilustrasi.

Posisi tidur miring ke kanan ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentunya menjadi kabar baik untuk kamu yang suka tidur dengan posisi menyamping.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Sabtu (03/08/2019), menurut sebuah studi, tidur menyamping lebih memungkinkan bagi otak untuk membuang limbah, sehingga bisa mengurangi risiko Alzheimer serta penyakit neurologis lainnya.

Bahkan, tak hanya bisa mengoptimalkan fungsi otak, tidur menyamping juga baik untuk membantu mereka yang cenderung tidur mendengkur, sakit leher dan punggung, serta bagi wanita hamil.

Biasanya posisi tidur seseorang tidak berubah dan menjadi ciri khasnya tersendiri. Tidur yang paling rileks juga berbeda pada setiap orang, apakah tidur menghadap ke kanan atau kiri. Dari dua posisi tersebut, posisi tidur yang mana yang paling bagus untuk kesehatan?

Pada umumnya dokter akan menyarankan orang untuk tidur miring sehingga gaya gravitasi dapat terjaga untuk menjaga isi perut. Namun, banyak yang percaya tidur miring ke kanan lebih bagus dibandingkan tidur menghadap ke kiri.

Hal itu karena tidur menghadap ke kanan bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya. Namun, tak selamanya demikian karena tidur menghadap kiri juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama pada orang yang memiliki gangguan asam lambung.

Beberapa fakta menunjukkan kalau ternyata tidur menghadap ke kiri sangat penting buat orang yang punya gangguan asam lambung, seperti timbulnya rasa panas terbakar di perut. Karena, posisi tidur yang salah bisa membuat asam lambung masuk ke kerongkongan dan memicu insomnia.

Sebaliknya, beberapa studi juga telah menemukan bahwa tidur miring ke kanan akan memperburuk kondisi tersebut, sedangkan jika menghadap ke kiri bisa membantu menenangkan.

Bagi penderita gangguan asam lambung, tidur menyamping ke kanan membuat esophageal sphincter, yakni saluran antara perut dan kerongkongan melemah yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga lambung terasa perih.

Bagi penderita gangguan asam lambung, tidur dengan posisi miring ke kanan akan membuat sambungan antara perut dan kerongkongan tidak terbuka, meskipun kadar asam lambung tinggi.

Sedangkan, dalam penelitian lainnya menyebutkan bahwa tidur dengan posisi menyamping ke kanan bagi penderita lambung akan meningkatkan asam lambung, sehingga kerongkongan butuh waktu lebih lama untuk menghilangkannya.

Berikut ini adalah sejumlah menfaat tidur miring ke kanan yang harus kamu ketahui dan terapkan;

Membantu Sistem Pernafasan Lebih Lancar

Tanpa kita sadari ketika tidur lidah bisa jatuh ke belakang hampir mendekati tenggorokan, sehingga proses pernapasan pun menjadi sedikit terhambat. Kondisi tersebut sering terjadi bagi yang biasa tidur telentang.

Orang yang tidurnya mendengkur akan mengalami kekurangan oksigen dan bisa menyebabkan pernapasan tiba-tiba terhenti beberapa saat. Hal ini membuat orang tersebut bangun mendadak dan merasa pusing. Namun, jika tidur dengan posisi miring ke kanan maka kesulitan dalam bernapas dapat dicegah.

Mengistirahatkan Otak Kiri

Otak manusia pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian, yakni otak kanan dan otak kiri. Otak bagian kanan bertugas mempersarafi organ tubuh sebelah kiri, begitu juga sebaliknya. Dalam aktivitas sehari-hari kita sering menggunakan organ tubuh sebelah kanan.

Jadi, jika tidur miring ke kanan maka giliran otak kiri yang mensarafi organ tubuh sebelah kanan, dan ini bisa menghindari dari bahaya yang timbul, seperti pengendapan pembekuan darah, asam sisa oksidasi, lemak, serta penyempitan pembuluh darah.

Meringankan Kerja Jantung

Saat kita tidur dengan posisi menghadap ke kanan, maka proses distribusi peredaran darah akan lebih merata dan konsentrasi aliran darah akan menuju ke sebelah kanan bawah. Otomatis ini memicu beban aliran darah yang keluar dan masuk jantung menjadi lebih rendah.

Posisi miring ke kanan saat tidur juga akan memperlambat denyut jantung yang secara otomatis akan menurunkan tekanan darah, serta membantu supaya organ lain tidak menimpa jantung. Seperti diketahui bahwa letak jantung kita berada ada di sebelah kiri.

Menyehatkan Lambung

Lambung manusia diibaratkan tabung berbentuk koma, dan memiliki ujung katup menuju usus yang mengarah ke bawah bagian kanan. Jika tidur menghadap ke kiri, maka lambung akan terganggu dikarenakan pengosongan lambung akan terhambat dan menjadi lebih lambat.

Ketika hambatan itu muncul, maka asam lambung akan naik sehingga terjadi erosi dinding lambung.

Menyehatkan Paru-paru

Manfaat tidur menghadap ke kanan juga penting untuk paru-paru. Perlu diingat bahwa ukuran paru-paru sebelah kanan lebih besar dari paru-paru sebelah kiri. Saat tidur denga posisi tubuh miring ke kanan, maka posisi jantung pun akan ikut ke kanan. Hal ini tidak masalah lantaran paru sebelah kanan lebih besar.

Namun, jika posisi tidur dengan arah menghadap ke kiri, maka otomatis paru-paru kiri kita yang kecil akan ditekan oleh jantung, sehingga kondisi tersebut tidak baik bagi paru-paru kita.

Mencegah Batu Kantung Empedu

Tidur dengan poisis menghadap ke sebelah kanan akan menyebabkan aliran chiem lancar sehingga cairan empedu meningkat. Hal ini bisa mencegah batu kantung empedu.

Meningkatkan Waktu Penyerapan Gizi

Ketika tidur akan terjadi pergerakan usus yang meningkat. Posisi tidur menyamping ke kanan akan membuat perjalan makanan yang tercerna lebih lama, sehingga penyerapan sari makanan menjadi lebih optimal.

Merangsang Buang Air Besar

Dengan posisi tidur menghadap ke kanan akan membuat proses pengisian usus besar lebih cepat penuh, sehingga dapat merangsang gerak usus besar dan relaksasi dari otot anus. Hal ini akan merangsang untuk buang air besar.

Mengurangi Rasa Tegang pada Punggung

Tidur menghadap ke kanan juga dipercaya bisa mendukung kenyamanan saat tidur, karena ketegangan yang terjadi di bagian punggung akan dapat dikurangi. Cobalah menekuk lutut saat tidur menyamping dengan posisi mirip seperti janin yang tengah berada di dalam kandungan.

Mengeluarkan Getah Pankreas

Ketika aliran chime bisa lancar, maka peningkatan keluarnya cairan empedu juga akan meningkat, sehingga pembentukan batu kantung empedu dapat dicegah dengan tidur miring ke kanan. Selain itu, getah pankreas pun terjadi peningkatan ketika posisi tidur kita diubah ke sebelah kanan.

Memberikan Efek Rileks

Posisi tidur menghadap ke kanan yang benar disertai penggunaan bantal yang tepat untuk kepala maka ketika kita beranjak tidur akan merasa lebih rileks. Relaksasi ini bisa dialami karena sendi-sendi kita mendapat dukungan baik dari posisi tidur dan bantal yang tepat, sehingga rasa sakit yang kita rasakan akan berkurang.

Tidur Lebih Nyenyak

Posisi tidur miring ke samping kanan juga dapat mengurangi segala masalah tidur, seperti halnya mendengkur. Posisi tidur miring ke kanan seperti posisi bayi, di mana kaki ditekuk dan tubuh membungkuk, maka kualitas tidur pun akan lebih baik dan lebih terasa nyenyak.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Manfaat tidur menyamping ke sebelah kanan juga penting untuk kebugaran tubuh. Karena, organ vital dalam tubuh kita bisa istirahat ketika kita tidur dengan posisi menghadap ke kanan.

Hal ini otomatis akan membuat tubuh kita lebih segar dan bugar saat bangun keesokan harinya. Karena, ketika organ-organ tubuh dalam keadaan sehat, maka secara tidak langsung dari luar kita terlihat bugar dan bersemangat.

Bereksperimen dengan posisi tidur menghadap ke kanan akan membawa berbagai manfaat kesehatan yang tidak terkira. Jadi, tidak ada salahnya mulailah dari sekarang memiliki kebiasaan tidur miring ke kanan demi mencegah berbagai penyakit, sekaligus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...