Sejuta Manfaat Minyak Zaitun, Kemewahan dari Surga

manfaat minyak zaitun
Ilustrasi manfaat minyak zaitun. Foto: Istimewa

Nama dan manfaat minyak zaitun banyak diungkapkan dalam kitab suci Al Quran. Karena itulah minyak zaitun sering dikatakan sebagai kemewahan yang diturunkan Tuhan langsung dari surga.

Kemewahan ini terutama karena begitu banyaknya keistimewaan yang terkandung dalam minyak zaitun. Selain dikenal khasiatnya untuk kesehatan tubuh, zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan.

Zaitun (Olea europaea) merupakan jenis tanaman perdu yang mampu bertahan sampai ribuan tahun. Tumbuhan ini banyak ditemukan di sekitar Asia dan Laut Tengah karena cocok dalam lingkungan panas sampai sedang.

Tumbuhan zaitun juga masih berkerabat dekat dengan melati (Jasminum sambac). Kayu dari pohon zaitun bersifat sangat keras dan banyak dimanfaatkan untuk membuat perabot maupun rumah.

Tangkai zaitun dengan daunnya malah dijadikan lambang atau simbol perdamaian oleh kebudayaan Barat.

Buah zaitun yang sudah matang bisa langsung dimakan dan rasanya sangat enak. Buah yang masih muda juga enak dimakan. Nah, perasan buah yang telah matang inilah yang menghasilkan minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung kalori sebanyak 115 kkal yang kaya dengan karbohidrat, protein, serat, lemak baik, serta vitamin A, C, D, E, dan K.

Minyak zaitun juga mengandung vitamin B3 (niacin), B5 (panthothenic acid), B6 (pyridoxine), kalsium, zat besi, potassium (kalium), fosfor, magnesium, seng (zinc), dan sodium.

Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Manusia

Tak sedikit perusahaan obat maupun kosmetik yang mengambil minyak zaitun untuk produk mereka. Nah, berikut ini beragam manfaat minyak zaitun yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Minyak zaitun kaya dengan kandungan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit. Nutrisi ini berkhasiat untuk mengatasi kulit bersisik dan melembabkan kulit kering, sehingga membuat kulit lebih bersih, lembut, dan cantik.

Menyehatkan Rambut dan Mengatasi Gatal Kepala

Minyak zaitun juga banyak dijadikan sebagai minyak rambut. Selain untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut, zaitun juga ampuh mengatasi masalah gatal kepala karena kutu rambut.

Meningkatkan Kualitas ASI

Untuk ibu-ibu yang sedang menyusui dapat meningkatkan kualitas ASI-nya dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun ternyata terbukti mampu meningkatkan kandungan lemak ASI berantai tunggal yang merupakan lemak terbaik yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak zaitun diketahui kaya dengan asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam asam oleat (oleic acid). Zat ini sangat ampuh dalam mengontrol kadar kolesteral sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa minyak Zaitun atau Olive Oil ini mampu menurunkan dan mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

Manfaat minyak zaitun juga dari kemampuannya dalam mencegah pembekuan darah, penebalan pembuluh nadi jantung, sehingga bisa mencegah terjadinya penyumbatan (trombosis).

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Kandungan dalam minyak zaitun juga berfungsi mengontrol tekanan darah tinggi dan hipertensi, serta mencegah ketergantungan pada obat-obatan terlarang.

Mencegah dan Mengatasi Kanker

Ada hasil riset yang menemukan bahwa minyak zaitun yang digunakan sebagai krim kulit setelah berenang atau untuk berjemur ternyata berkhasiat dalam mencegah penyakit kanker kulit atau melanoma.

Manfaat minyak zaitun yang diminum secara rutin juga terbukti ambuh dalam mengatasi beragam penyakit kanker, seperti kanker lambung, kanker kolon, kanker rahim, dan kanker ovarium.

Mengatasi Radang Sendi

Buat anda yang sering mengalami radang sendi bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasinya.

Sebuah penelitian di Yunani menemukan bahwa manfaat minyak zaitun cukup efektif dalam mencegah maupun mengobati radang pada persendian dan penyakit arthritis.

Demikianlah sejuta manfaat minyak zaitun yang merupakan kemewahan dari surga yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kecantikan tubuh. (R8/HR-Online)