Semua Kereta Api Bakal Turun di Ciamis, Dishub Buka Jalur Baru

Plt Dishub Ciamis, Endang Sutrisna, saat di depan Stasiun Ciamis. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dishub Ciamis akan kembali membuka jalur baru untuk angkutan umum konvesional menuju Stasiun Kereta Api Ciamis. Pembukaan jalur tersebut meliputi angkot 02, 05, 07, 016, 017 dan elf jurusan Panjalu-Cirebon. 

Menurut Plt Dishub Ciamis, Endang Sutrisna, pengalihan jalur angkutan umum ke Stasiun Ciamis memang sudah direncanakan, agar angkutan umum yang melewati Jalan Pemuda dialihkan ke Jalan Stasiun. 

“Pengalihan jalur tersebut untuk persiapan turun-naik penumpang dari Kereta Api yang direncanakan semua jurusan akan berhenti di Stasiun Ciamis, sehingga membuka ruang bagi angkutan untuk membawa penumpang dari stasiun,” ungkapnya. 

Sesuai surat dari Daop PT KAI, lanjut Endang, uji coba rute pengalihan jalur akan diberlakukan Minggu besok, Selasa dan Rabu. Apabila nanti sudah berjalan dengan baik, kemudian pihaknya akan berkoordinasi dengan PT KAI.

“Sebetulnya inisiatif supaya ada jalur angkutan ke Stasuin Ciamis dari Dishub sendiri, bahkan kita sudah ke Jakarta menemui PT KAI. Hal ini selaras dengan keinginan Gubernur Jabar agar kereta bisa turun di Ciamis, supaya turun-naik kereta bisa setiap hari,” katanya.  

Untuk sosialisasi, lanjut Endang, pihaknya akan langsung menyampaikan kepada angkutan umum konvensional, ojek pangkalan, dan ojek online. Ia harap semuanya bisa menyetujuinya.

Hidayat, Kepala Stasiun Ciamis, mengatakan, pihaknya menyambut baik apabila semua kereta bisa berhenti di stasiun dan tidak hanya lewat saja.

“Saat ini untuk kereta ekonomi bisa berhenti di Stasiun Ciamis untuk menaikan dan menurunkan penumpang. Namun untuk yang eksekutif baru Kereta Mutiara selatan saja, dan mudah-mudahan setelah program ini berjalan semua,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

Loading...