SMAN 1 Ciamis Ajari Siswa Berkurban

Siswa Berkurban
Siswa dan guru SMAN 1 Ciamis melaksanakan penyembelihan hewan kurban di lingkungan sekolah. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Siswa dan guru SMAN 1 Ciamis melaksanakan penyembelihan hewan kurban di lingkungan sekolah, Senin (12/08/2019). Pada momen idul adha tahun ini, pihak sekolah menyembelih dua ekor sapi.

“Hewan kurban ini berasal dari guru, pegawai dan siswa. Guru, siswa dan semua pegawai sejak setahun lalu sudah menabung untuk berkurban tahun ini. Alhamdulillah terdapat 2 hewan kurban sapi yang bisa disembelih pada idul adha tahun ini,” kaat Kepala SMAN 1 Ciamis, Wawan Haryawan, M.Pd.  

Wawan menerangkan, penyembelihan tahun ini disaksikan seluruh siswa sekolah. Hal ini untuk menyemarakkan hari raya kurban dengan kegiatan positif dan mendidik bagi siswa.

“Dalam pelaksanaan kurban kali ini, kami juga mengajarkan kepada siswa tentang tata cara menyembelih hewan kurban,” katanya.

Usai pemotongan hewan kurban, lanjut Wawan, sebagian daging disisihkan untuk dimasak. Kemudian guru dan siswa makan bersama di sekolah. Hal ini membuat suasana kekeluargaan begitu kental.

“Selain dibagikan kepada guru dan siswa, daging kurban juga dibagikan kepada masyarakat sekitar sekolah,” katanya.

Diakui Wawan, pemotongan atau penyembelihan hewan kurban menjadi tradisi tahunan di SMAN 1 Ciamis. kegiatan itu sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Sebab, kegiatan kurban juga untuk mengajarkan dan mendidik siswa agar terbiasa melaksanakan kurban.

“Jadi ini juga sebagai upaya mendidik siswa agar terbiasa berkurban. Karena siswa diajarkan menabung agar mampu berkurban, sehingga setelah dewasa nanti menjadi kebiasaan,” pungkasnya. (Fahmi/Koran HR)