Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisSumur Tangkolo Ciamis Tak Pernah Kering, Dipercaya Bisa Sembuhkan Anak Nakal

Sumur Tangkolo Ciamis Tak Pernah Kering, Dipercaya Bisa Sembuhkan Anak Nakal

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sumur Tangkolo Ciamis yang berada di dusun Desa, Desa/Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tidak pernah kering meski kemarau panjang. Sumur tersebut kini menjadi andalan warga sekitar untuk keperluan air bersih. Selain itu, sumur ini juga dipercaya warga bisa ‘menyembuhkan’ anak nakal.

Nandang, warga sekitar, mengatakan, apabila sumur yang berada di rumah-rumah warga mengering saat kemarau seperti sekarang ini, warga akan mengambil air dari mata air Tangkolo.

“Setiap hari warga yang membutuhkan air bersih pasti ngambil dari sini, tidak hanya untuk kebutuhan air minum, namun banyak warga juga yang menggunakan untuk mandi dan mencuci,” ungkap Nandang saat ditemui di lokasi Sumur Tangkolo, Selasa (6/7/2019).

Lebih lanjut Nandang mengatakan, sumur yang terletak di RT 02 RW 02 Dusun Desa, Desa Baregbeg tersebut, meski setiap hari diambil dan digunakan warga untuk keperluan sehari-hari, namun airnya masih tetap terjaga dengan baik.

“Dulunya mata air tersebut dibiarkan mengalir, akan tetapi oleh warga dibuatkan tembok untuk menampung air, sehingga sekarang bisa dimanfaatkan terutama dalam kebutuhan air bersih,” jelasnya.

Sementara menurut Kepala Desa Baregbeg, Ade Iwan, ketika ditemui HR Online, mengatakan, selain menjadi tempat warga mengambil air bersih, Sumur Tangkolo Ciamis juga dianggap sebagai sumber mata air keramat, lantaran airnya tidak pernah surut.

“Setiap pagi warga datang ke sumur, selain untuk mandi mereka juga membawa wadah dan saat pulang membawa air untuk keperluan minum sehari-hari, alhasil sumur ramai dikunjungi warga yang butuh air bersih,” katanya.

Kata Ade Iwan, Sumur Tangkolo Ciamis tidak hanya menyimpan air bersih yang dimanfaatkan untuk kebutuhan warga, sumur tersebut juga sering didatangi warga pada malam kliwon untuk mandi malam.

Sumur Tangkolo Ciamis Dipercaya Bisa ‘Sembuhkan’ Anak Nakal

Ade Iwan menambahkan, Sumur Tangkolo ini juga dipercaya warga bisa ‘menyembuhkan’ anak nakal. Orang tua sering membawa anak-anaknya khusus untuk dimandikan di sumur tersebut, supaya tidak nakal atau ‘bangor’.

“Kalau anak nakal dan tidak menurut apa kata orang tua ketika disuruh pergi ke mesjid untuk mengaji maka suka dimandikan di sumur ini dan saya juga dulu pernah dimandikan di sini waktu kecil,” ungkapnya.

Kata dia, benar dan tidaknya mitos memandikan anak yang nakal di sumur tersebut, namun hal itu masih dipercya warga dan masih ada yang memandikan anak yang dianggap nakal supaya ‘sembuh’ dari nakalnya.

“Yang jelas Sumur Tangkolo kini menjadi tempat warga memenuhi kebutuhan air bersih dan MCK, terlebih sekarang musim kemaru dan warga yang tidak memiliki sumur sendiri bisa mengambil air dari sumur ini,” katanya. (ES/R7/HR-Online)

- Advertisment -