Kamu Harus Tahu 11 Tanda Smartphone Kena Hack

Kamu harus tahu tanda smartphone kena hack karena ponsel pintar kini rentan di-hacker oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Photo : Ilustrasi/Net.

Kamu harus tahu 11 tanda smartphone kena hack karena ponsel pintar kini rentan di-hacker oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal itu wajar karena smartphone memiliki berbagai data/informasi pribadimu.

Biasanya hanya orang-orang terkenal saja yang sering menjadi korban hacker. Namun, seiring berjalannya waktu, tak jarang ada juga orang-orang biasa yang menjadi sasaran para hacker.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Rabu (14/08/2019), berikut ini beberapa tanda smartphone kena hack.

Memori Data Cepat Habis

Kalau penggunaan data smartphone kamu tiba-tiba meningkat secara drastis, harus hati-hati karena bisa saja ponsel pintar kamu sedang diretas oleh malware.

Hal itu terjadi lantaran kamu tidak menyadari ada banyak aplikasi yang tidak kamu ketahui tetapi aktif di ponselmu.

Penggunaan data yang besar membuat memori data cepat habis, namun ini bisa saja terjadi akibat proses transmisi data dari smartphone ke server lain yang sengaja melakukan hack.

Aplikasi Sering Alami Crash

Biasanya aplikasi yang sering mengalami crash disebabkan oleh malware yang berbenturan dengan aplikasi lainnya.

Bahkan, semakin terasa aneh bila kamu sudah menutup aplikasi tersebut, tetapi crash masih saja terjadi. Semakin parah jika smartphone kamu tiba-tiba melakukan restart ulang.

Baterai Cepat Habis

Baterai yang cepat habis memang tidak bisa langsung disimpulkan sebagai tanda smartphone kena hack. Tapi, hal ini bisa menjadi salah satu tanda diantara tanda-tanda lainnya.

Ketika smartphone kamu dalam kondisi baik-baik saja namun tiba-tiba baterainya mendadak cepat habis, bisa jadi itu kena hack.

Baterai yang cepat habis dikarenakan adanya aplikasi yang bekerja secara terus-menerus. Biasanya aplikasi mata-mata akan mencuri data pengguna ponsel, lalu mengirimkannya ke server yang diinginkan.

Kuota Internet Mendadak Boros

Hati-hati pula jika smartphone kamu mendadak boros kuota. Karena, hacker biasanya menanamkan aplikasi asing, lalu mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu.

Selain membuat kuota internet cepat habis, aplikasi tersebut juga bisa mencuri data-data penting milik kamu.

Ada Nomor yang Tidak Diketahui di “Recent Calls”

Saat lagi iseng melihat history calls, kemudian melihat ada nomor yang muncul, padahal kita merasa tidak pernah menghubungi nomor itu maupun menerima panggilan dari nomor tersebut.

Pop-up Misterius

Kalau ada pop-up yang terus-menerus muncul di layar smartphone, kamu harus hati-hati karena iklan tersebut bisa saja terinfeksi adware.

Biasanya pop-up muncul karena berbagai iklan. Sedangkan, adware merupakan salah satu jenis malware yang memaksa perangkat untuk membuka beberapa laman yang mengarah pada revenue iklan.

Meskipun tidak ada tanda yang pasti bahwa ponsel yang kamu pakai terkena hack, namun tanda tersebut bisa kamu pakai sebagai bentuk jaga-jaga bila smartphone kamu jadi sasaran hacker.

Loading Lama

Smartphone sering loading lama alias lemot padahal hanya menjalankan aplikasi ringan, bisa jadi ada malware yang sedang bekerja mengirimkan data ke orang lain.

Pada saat kamu chatting, ternyata ada aplikasi mata-mata yang terinstal dan ikut bekerja di waktu yang bersamaan untuk memantau aktivitas pribadi serta bisnis kamu.

Smartphone Sering Terasa Hangat

Walaupun tidak dipakai untuk menelepon dengan durasi waktu yang lama, tapi smartphone terasa hangat bahkan sampai panas.

Hal ini terjadi karena sebenarnya terdapat aplikasi yang sedang berjalan di smartphone yang kamu gunakan.

Ponsel Melakukan Reboot Sendiri

Jika tiba-tiba ponsel kamu mati dengan sedirinya, kemudian menyala sendiri dan ada nomor yang kepijit, lalu ada aplikasi yang terbuka sendiri.

Hal itu terjadi bukan dikarenakan sistem smartphone yang rusak atau ada hantu yang lain sedang mainin ponsel kamu, tapi karena adanya penyadapan pada ponselmu.

Smartphone Tak Bisa Dimatikan Secara Manual

Dalam kondisi seperti itu mau dinonaktifin tidak bisa. Malah ponselmu membuka aplikasi yang beda serta cahaya di layar kamera juga berubah.

Selain itu, ada pula kejadian lain yang tidak bisa dilakukan karena sudah muncul sendiri di ponsel pintar kamu.

Ada Suara Aneh saat Melakukan Panggilan

Pada saat melakukan panggilan terdengar suara berisik yang aneh dan bergema. Namun, ketika dicari-cari ternyata suara tersebut berasal dari tempat si hacker.

Cara Amankan Smartphone dari Serangan Hacker

Selalu aktifkan passcode

Jika tidak memberikan akses passcode pada smartphone kamu, maka data penting yang tersimpan, termasuk informasi pribadimu, dapat diakses oleh siapa pun apabila ponsel kamu hilang.

Meski PIN yang memiliki empat digit punya 10.000 kombinasi acak yang sangat aman, tapi akan lebih baik kalau kamu melengkapi passcode smaertphone menjadi enam digit.

Gunakan Password berbeda

Perlu diketahui bahwa menggunakan password yang sama untuk akun yang berbeda ternyata riskan diretas oleh para hacker. Kuncinya, kamu bisa menggunakan aplikasi 1 password supaya mudah diingat.

Aktifkan verifikasi

Proses verifikasi sebanyak dua kali akan melipat gandakan tingkat keamanan akun pribadi kamu, termasuk juga akun e-mail.

Beberapa perusahaan teknologi sudah mengimplementasikan fitur tersebut, di antaranya Apple, Google, Facebook, Dropbox, Microsoft, dan Amazon.

Gunakan aplikasi face time dan signal

Guna menjaga supaya lebih privasi, kamu bisa pakai aplikasi Signal maupun Face Time. Kedua aplikasi tersebut benar-benar mengenkripsi panggilan audionya dengan koneksi internet.

Perhatikan VPN

Keamanan yang perlu diperhatikan saat kamu terhubung dengan jaringan Wi-Fi adalah pemakaian VPN (Virtual Private Network).

VPN akan mengenkripsi traffik internet kamu. Meski begitu, hal ini sepertinya bisa memudahkan para hacker melihat data apa yang tengah ditransmisikan melalui jaringan Wi-Fi.

Waspada link e-mail

Jika kamu menerima sebuah link di dalam e-mail yang menurut kamu mencurigakan, jangan coba-coba klik link tersebut.

Seperti diketahui banyak kasus yang mengakibatkan akun e-mail pengguna terkena virus ringan akibat membuka link sembarangan. Maka, penting kiranya kamu tahu tanda smartphone kena hack. (Eva/R3/HR-Online)