Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BanjarTempat Pembuangan Limbah Kayu PT Alba Kota Banjar Kembali Terbakar

Tempat Pembuangan Limbah Kayu PT Alba Kota Banjar Kembali Terbakar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kebararan kembali terjadi di tempat pembuangan limbah kayu PT Albasi Priangan Lestari (APL) Kota Banjar. Akibat kebakaran tersebut puluhan kubik limbah kayu habis dilalap si jago merah, Jum’at (2/8/2019).

Berdasarkan informasi yang didapat HR Online di lapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Hingga pukul 22.00 WIB, Tim petugas pemadam kebakaran dari UPTD Damkar Kota Banjar masih berusaha meminimalisir lokasi kebakaran dengan menerjunkan 2 unit mobil Damkar.

Dedi, warga sekitar mengatakan sudah sering kebakaran di lokasi ini dan kemungkinan api berasal dari limbah serbuk kering.

“Nggak tahu kalau soal pastinya, tahu-tahu udah ada api kebakaran,” ujar Dedi.

Turiman, petugas keamanan setempat, membenarkan memang sudah terjadi kebakaran sejak sore. Menurut Turiman, kemungkinan api berasal dari tumpukan limbah kayu yang mengandung gas dan terbakar, kemudian merambat membakar tumpukan limbah yang sudah kering.

“Memang sering terjadi seperti ini,” singkatnya.

Di lokasi yang sama, Aam Amijaya, Kepala Tim UPTD Damkar Kota Banjar, mengatakan sudah beberapa kali terjadi kebakaran di pembuangan limbah PT Alba. Seperti pengalaman tahun kemarin pihaknya sampai tiga hari tiga malam dengan menerjunkan 5 unit mobil damkar untuk meredam api, sekarang hanya menerjunkan 2 unit mobil Damkar.

“Kita usahakan maksimal meski melihat luasnya medan api mungkin itu agak kesulitan, yang paling utama kita fokus melokalisir api supaya tidak meluas,” kata Aam kepada HR Online, Jum’at (2/8/19).

Aam Menambahkan, terkait logistik pengisian air tidak ada kendala karena kebetulan dekat dengan lokasi sumber air. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Tim Damkar dibantu tim Patroli Mapolsek Kecamatan Pataruman dan beberapa warga berjaga-jaga memantau lokasi kebakaran.(Muhlisin/R6/HR-Online)

- Advertisment -