Ternyata Ini Penyebab Suhu Dingin di Ciamis yang Bikin Warga Menggigil

suhu dingin di Ciamis
Suhu dingin di Ciamis. Foto: Net/Ist

Suhu dingin di Ciamis banyak dikeluhkan warga. Dari pantauan HR Online, suhu dingin di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini bisa mencapai 16 derajat celcius pada malam hari. Hal ini tentu saja membuat warga Ciamis menggigil kedinginan.

Rupanya suhu dingin tersebut bukan hanya melanda Kabupaten Ciamis saja, namun juga terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, yakni Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Ternggara.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sejumlah faktor penyebab suhu dingin di sejumlah wilayah di Indonesia. Berikut penjelasan BMKG dirangkum dari berbagai sumber:

Suhu dingin diakibatkan dry intrusion

Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra. menuturkan, salah satu penyebab suhu dingin ini lantaran di musim kemarau seperti saat ini, sering terjadi proses dry intrusion. Dry intrusion atau intrusi udara kering merupakan masuknya udara yang bersifat dingin.

Agie mengungkapkan proses dry intrusion saat ini sedang terjadi di bagian selatan garis khatilistiwa Indonesia, yakni pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Adapun penyebab dry intrusion, Agie menyebut lantaran Australia yang tengah memasuki musim dingin. Angin yang mendorong udara dari barat ke timur menyebabkan udara dingin dari Australia pun jadi terdorong menuju bagian selatan khatulistiwa Indonesia.

Baca Juga: Suhu Udara Dingin Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Agie menyebut, suhu dingin di sejumlah wilayah di Indonesia ini bisa saja menjadi hangat, apabila dry intrusion menghilang.

Menurut keterangan BMKG, apabila dry intrusion ini telah melewati Indonesia sepenuhnya, maka suhu yang akhir-akhir ini dingin akan kembali normal.

Suhu dingin karena tidak ada awan

Selanjutnya Agie juga menyebut jika suhu dingin saat musim kemarau ini lantaran tidak ada awan karena memang tidak ada hujan.

Kondisi ini sebenarnya wajar, karena merupakan salah satu karakteristik musim kemarau. Suhu biasanya menjadi rendah saat musim kemarau.

Hal ini terjadi karena tidak adanya awan yang dapat memerangkap panas, akibatnya suhu panas pada siang hari lepas menuju atmosfer dan tidak ada yang panas yang terperangkap pada awan yang biasanya jadi ‘penghangat’ pada malam hari.

Maka, jangan heran apabila pada malam hari cuaca menjadi sangat dingin. Hal ini karena radiasi panas dari matahari mudah terlepas kembali ke atmosfer karena tidak ada awan yang biasa memerangkapnya.

Suhu Dingin di Kabupaten Ciamis dan Daerah lainnya Disebut Lazim

Walaupun begitu, Agie menyebut suhu dingin yang terjadi saat ini relatif lazim. Suhu dingin seperti saat ini diperkirakan akan terus berlangsung hingga September. Hal ini karena pada bulan Oktober dan November, Indonesia akan mengalami peralihan musim dari kemarau ke musim hujan.

Tingkat dingin yang dialami warga di sejumlah wilayah di Indonesia juga berbeda-beda. Hal ini tergantung pada letak wilayahnya.

Misalnya, di dataran tinggi, suhu udara bisa mencapai 14-18 derajat celcius, sementara di daerah yang berada pada dataran rendah, suhu udara bisa sampai 22-34 derajat celcius.

Selain itu, suhu udara paling dingin akan terjadi pada dini hari menjelang pagi, atau sekitar pukul 2.00 dini hari hingga pukul 7.00 pagi.

Puncak suhu dingin akan terjadi pada pukul 3.00-5.00 dini hari. Sementara pada siang hari, suhu udara akan tetap panas.

Nah, jadi jika Anda warga Kabupaten Ciamis merasakan suhu terasa dingin lebih dari biasanya, dari penjelasan di atas, hal ini terjadi lantaran dry intrusion dan ini lazim terjadi saat musim kemarau. Pastikan Anda siapkan selimut tebal untuk mengantisipasi suhu dingin di Ciamis. (Ndu/R7/HR-Online)