Thaicom 5 Siarkan Liga Inggris Gratis di Satelit Parabola, Ini Cara Trackingnya

Parabola
Arah satelit Thaicom 5 yang berada di garis bujur 78,5° BT. Foto : net/ist

Thaicom 5 saat ini menjadi buruan banyak orang. Pasalnya, para penggemar sepakbola Liga Inggris bisa melihat live pertandingan bola di satelit milik Thailand ini.

Ya, ada channel televisi yang menayangkan liga terbaik di dunia secara gratis. Channel televisi tersebut yaitu PPTV SD dan PPTV SD yang berada di Thaicom 5.

Sebenarnya Liga Inggris 2019-2020 bisa disaksikan di satelit Palapa milik Indonesia, via channel TVRI. Namun bagi yang menggunakan parabola harus gigit jari.

Karena, liga terpopuler di dunia ini hak siarnya sekarang milik Mola TV. Sehingga karena terkait dengan hak siar, maka di parabola akan disensor.

Berita Terkait :

Cara Dapatkan Channel TV di Satelit Telkom 4 pada Parabola FTA

Channel Satelit Telkom 4 Terbaru Mei 2019, Ini Daftarnya

Begini Siasat Mendapatkan Satelit Asiasat 5 yang Banyak Diburu Penggemar Parabola

Seperti tahun sebelumnya yang disiarkan oleh televisi swasta Indonesia, Liga Inggris hanya bisa disaksikan via antena UHF atau bisa juga dengan berlangganan.

Untuk kompetisi sekarang karena dipegang oleh Mola TV yang juga bekerjasama dengan Matrix TV, oleh sebab itu yang memakai parabola harus menggunakan receiver Matrix TV.

Selain itu, bukan hanya receivernya saja, Anda juga harus berlangganan jika ingin menyaksikan pertandingan sepakbola terbaik dunia, dengan harga Rp 150 ribu/bulan-Rp 999 ribu/musim.

Meski memang TVRI merupakan stasiun milik pemerintah, namun karena hak siar yang dipegang oleh Mola TV, maka “secara terpaksa” harus mematuhi aturan terkait hak siar.

Berbeda dengan olahraga lainnya seperti bulutangkis yang meski TVRI tetap mensensor, namun acakan tersebut berjenis biss key yang bisa dibuka oleh semua receiver.

Berbeda dengan tayangan Liga Inggris ini, TVRI menggunakan acakan jenis X-Crypt, yang sampai saat ini belum ada receiver yang membobol kode acakannya.

Namun, bagi Anda pengguna parabola jangan khawatir, karena masih bisa menyaksikan klub-klub kesayangan di Liga Inggris bertanding secara gratis alias tidak bayar.

Ya, Anda bisa menyaksikannya melalui channel televisi PPTV SD atau PPTV HD yang ada di satelit Thaicom 5. Lantas bagaimana cara tracking satelitnya?.

Thaicom 5 yang diluncurkan 27 Mei 2006 ini berada di garis bujur 78,5° BT. Untuk posisi dish atau jaring parabola condong miring ke sebelah barat.

Untuk jaraknya antara satelit milik Thailand ini dengan Palapa D kurang lebih 13 cm hingga 20 cm, itu tergantung dari besaran parabola.

Sebenarnya tidak sulit mendapatkan satelit Thaicom 5 ini, asalkan alat tempur seperti receiver dan parabola memadai, selain itu jangan ada penghalang seperti pohon atau bangunan.

Pasalnya, jika terhalang oleh pohon atau bangunan yang menghalangi arah parabola, maka akan mempengaruhi kekuatan sinyal, sehingga bakal sulit untuk mendapatkannya.

Langkah pertama yaitu mensetting receiver dengan menambah atau membuat satelit baru dengan nama Thaicom 5, kemudian setting pengaturan LNB ke 5150.

Selanjutnya, memasukkan frekuensi terkuat yang ada di satelit Thaicom 5, antara lain bisa 3600 H 26667, 3625 V 30000 atau 3765 V 5900.

Setelah itu, baut penyangga yang ada di parabola dikendorkan, kemudian geser perlahan-lahan ke arah barat dari posisi awal (Palapa-Telkom) sekitar 13-20 cm.

Saat menggeserkan arah parabola, tidak lupa memantau monitor televisi. Dan apabila sinyal di satelit Thaicom 5 ini sudah didapat, tinggal memaksimalkan sinyalnya supaya stabil.

Langkah selanjutnya jika sinyal sudah maksimal atau kuat dan stabil yaitu melakukan blind scan/auto scan atau pencairan secara otomatis pada receiver parabolanya.

Apabila blind scan sudah selesai dan channel sudah didapat termasuk PPTV SD/HD, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kode biss key guna membuka acakan.

Atau bisa juga dengan cara manual dengan memasukkan frekuensi atau transponder PPTV HD 4080 H 30000 dsn PPTV SD 3625 V 30000.  

Untuk kode biss key bisa didapatkan di forum-forum yang ada di media sosial seperti Facebook atau lainnya. Bisa juga mencari di website lainnya.

Selain menayangkan Liga Inggris, satelit Thaicom 5 khususnya PPTV HD atau SD juga ternyata menyiarkan secara langsung pertandingan Liga Jerman kompetisi 2019-2020.  (Adi/R5/HR-Online)