TMMD ke-106, Kodim 0613 Ciamis akan Bangun GOR & Jalan di Pangandaran

Kodim 0613 Ciamis, membuka kegiatan Pra TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Rabu (07/08/2019). Photo : Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kodim 0613 Ciamis, membuka kegiatan Pra TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (07/08/2019).

Upacara pembukaan Pra TMMD ke-106 tahun 2019 berlangsung di Lapangan Desa Parakanmanggu, dan diikuti SKPD lingkup Pemkab Pangandaran, serta unsur lembaga lainnya.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Arm. Tri Arto Subagio, M. Int. Rel, mengatakan, kegiatan Pra TMMD ini dilaksanakan untuk menunjang pelaksanaan TMMD ke-106 yang akan dilaksanakan selama tiga minggu pada Oktober 2019 mendatang.

Sedangkan, untuk kegiatan fisik yang akan dikerjakan berupa pembanguna gedung olahraga (GOR) dan jalan lingkungan rencananya akan dilakukan pada awal kegiatan.

“Tentunya dengan adanya Pra TMMD ini diharapkan saat pelaksanaannya pada Oktober nanti akan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan,” terangnya.

Tri Arto juga mengatakan, kegiatan TMMD memerlukan sinergi antara Kodim 0613 Ciamis dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran, serta masyarakat Desa Parakanmanggu.

Masyarakat pun diminta untuk terlibat aktif selama TMMD berlangsung. Karena program tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Dalam kesempata itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran, Dani Hamdani, menyambut gembira program TMMD yang dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran, khususnya di Desa Parakanmanggu.

“Nantinya akan ada pembangunan fisik berupa GOR dan jalan lingkungan. Kegiatan tersebut dipastikan tidak akan selesai dalam satu bulan, dan diperkirakan baru selesai sekitar 3 bulan. Sedangkan, TMMD hanya akan berlangsung tiga minggu,” katanya.

Untuk mendukung pelaksanaan TMMD, lanjut Dani, akan ada anggaran dari APBD sebesar Rp600 juta dalam bentuk bantuan keuangan.

Selain itu, ada juga dari APBDes senilai Rp350 juta, dan dari Pemerintah Provinsi Rp260 juta. Dana tersebut untuk mendukung kegiatan TMMD di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Pangandaran. (Enceng/R3/HR-Online)