Trend Agustusan di Ciamis: Plastik Bekas Disulap Jadi ‘Bunga’

Trend Agustusan di Ciamis
Warga di lingkungan RT RT 01, RW 05, Dusun Desa Kulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sedang memasang bunga hias yang berasal dari plastik bekas. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Trend Agustusan setiap tahun selalu berbeda. Beberapa tahun ke belakang, mungkin Anda pernah membuat kreatifitas berupa pohon air berwarna untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Sementara, tahun ini, trend Agustusan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, banyak warga memanfaatkan plastik bekas yang disulap menjadi ‘bunga’.

Salah satunya, kreatifitas warga di lingkungan RT 01, RW 05, Dusun Desa Kulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sejumlah Ibu Rumah Tangga memanfaatkan plastik bekas sebagai bahan kreativitas. Plastik bekas tersebut, mereka sulap jadi bunga hias.

Oom, salah satu ibu rumah tangga dari Desa Ciakar, mengatakan, konsep ini sengaja dipilih untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Melalui kegiatan seperti ini, kami berupaya untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan di lingkungan RT 01/05. Sebab, kemeriahan Agustusan begitu terasa, dapat dilihat dari berbagai atribut telah dipasang,” kata Oom kepada HR Online, Selasa (13/8/2019).

Lanjut Oom, salah satu kemeriahan Agustusan tersebut, salah satunya adalah menjadikan kantong plastik bekas jadi hiasan bunga dahlia.

“Nantinya bunga-bunga dari plastik bekas ini dijadikan hiasan dan digantung di sepanjang jalan,” katanya.

Reni, ibu rumah tangga lainnya, mengungkapkan, banyaknya bunga dari plastik bekas yang dijadikan hiasan di jalan RT 01, RW 05 Dusun Desa Kulon tersebut, membuat warga menjuluki gangnya dengan Gang Bunga Dahlia.

“Hiasan ini dipasang dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan itu. Semua itu bisa terwujud atas swadaya dan kerjasama warga di lingkungan RT 01/05,” katanya.

Reni berharap, momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dapat menjadikan warga di lingkungan lebih rukun.

“ Sama-sama buatnya, semua bergotong royong, harapannya bisa lebih rukun dan kompak dalam bermasyarakat,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...
Loading...