Tungku Lupa Dimatikan, Gas Meledak Hanguskan Rumah di Ciamis

gas meledak
Sisa-sisa rumah Eman, warga Dusun Sukahayu RT 01 RW 01 Desa/Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang terbakar lantaran gas meledak, Selasa (6/8/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),Kebakaran di Ciamis terjadi akibat gas meledak. Diduga gas bocor, sementara di dekatnya ada tungku yang masih menyala dan lupa dimatikan oleh pemiliknya.

Nasib nahas dialami Eman warga Dusun Sukahayu, RT 01 RW 01, Desa/Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Rumah permanen miliknya yang berukuran 8 x 5 meter yang dia tinggali habis terbakar pada Selasa (6/8/2019) sekira pukul 09.00 WIB.

Tak ada yang tersisa akibat kebakaran tersebut. Beruntung saat kejadian semua penghuni rumah yang berjumlah lima orang sedang keluar, sehingga tidak ada koran jiwa ataupun korban luka. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta.

Pemadaman api sendiri dilakukan secara gotong-royong oleh warga setempat serta dibantu oleh petugas Damkar dari Kota Banjar.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, kebakaran diduga dari tungku api yang lupa dipadamkan. Sementara di dekat tungku ada tabung gas yang diduga bocor.

“Diduga ada tabung gas yang bocor, gas menyambar tungku yang masih menyala tersebut, gas meledak lalu api berkobar ke seluruh bagian rumah hingga menghanguskan rumah dan isinya,” ujar Ani.

Untuk sementara, keluarga korban tinggal di rumah tetangganya. Lanjut Ani, pihaknya bersama Pusdalops PB BPBD Kabupaten Ciamis melakukan assesment ke lokasi kejadian, berkoordinasi dengan aparat setempat, serta memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak.

“Sementara ini kita berikan bantuan seperti pakaian layak pakai, lauk pauk, sembako, paket sekolah, perlengkapan makan, makanan siap saji, tambahan gizi, mie instan dan air mineral. Mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban korban,” tandasnya.(Jujang/R7/HR-Online)

Loading...