Unik, Lomba Layangan di Ciamis Digelar Malam Hari

lomba layangan di Ciamis
Salah satu peserta lomba layangan di Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis memperlihatkan layangan yang akan diterbangkan pada lomba tersebut, Rabu (14/8/2019). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Jika biasanya lomba layangan digelar pada siang hari, namun berbeda dengan lomba layangan di Ciamis, tepatnya di Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di sana lomba layang-layang justru digelar pada malam hari.

Lomba layangan pada malam hari berhiaskan lampu tersebut digelar Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) HUT RI yang ke-74 di Desa Sidaharja, Rabu (14/8/2019) malam.

Ketua panitia pelaksana, Fazrin, mengatakan, acara lomba layang-layang tersebut merupakan bagian dari kegiatan PHBN Desa Sidaharja. Dalam hal ini, para peserta layangan hias diwajibkan mengikuti lomba dengan mematuhi sejumlah aturan dari panitia.

“Karena di desa kami banyak pecinta laying-layang, maka panitia PHBN sengaja mengadakan lomba seperti ini, kami juga membuka pendaftaran bagi perserta dari luar Desa Sidaharja,” katanya.

Jenis layangan yang dilombakan adalah layang-layang sawangan (bapangan) dengan aksesoris lampu sebagai hiasannya. 

“Setiap peserta diwajibkan mentaati peraturan panitia, seperti ukuran panjang benang serta jumlah lampu hiasnya, untuk panjang benangnya kami batasi sampai 80 meter, serta untuk lampunya kami juga batasi dua saja,” katanya.

Informasi di lapangan, Panitia menyediakan hadiah untuk pemenang pertama sampai ketiga. Sementara, yang dinyatakan sebagai pemenang adalah layang layang yang paling lama terbang hingga batas waktu yang ditentukan oleh panitia.

Sementara itu, Tagor, salah seorang peserta mengatakan, jika dirinya mengaku gembira ketika panitia PHBN mengadakan ajang lomba laying-layang hias  pada malam hari.

“Ya jelas saya sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini, di sini kan banyak sekali penggemar layangan, terutama layangan hias yang selalu diterbangkan di malam hari,” katanya.

Pantauan HR di lapangan, puluhan peserta lomba layangan hias memadati jalan penghubung antara Sidaharja menuju Cileweng, jalan tersebut terletak di tengah sawah.

Para peserta bersuka cita sambil menikmati indahnya cahaya bulan sambil memandang terbangnya layang-layang mereka. (Suherman/R7/HR-Online)