Bikin Spot Selfi, Warga di Ciamis Ini Hiasi Kampung dengan Gambar 3 Dimensi

gambar 3 dimensi
Warga Nagrak, Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, menghiasi kampungnya dengan gambar 3 dimensi. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis,(harapanrakyat.com),- Berbagai cara dilakukan warga dalam menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Di Kampung Nagrak, Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejumlah warga menghiasi kampungnya dengan gambar 3 dimensi.

Cara yang dilakukan warga Lumbung ini terbilang kreatif. Sebab tidak hanya sekedar gambar. Tetapi gambar yang dilukis di jalan gang ini berupa gambar 3 dimensi. Gambar-gambar unik inipun langsung diserbu warga dan dijadikan spot untuk berfoto selfi.

Kepala Dusun Nagrak, Desa Lumbung, Dudi Herdiana, mengatakan, pada perayaan HUT Kemerdekaan tahun ini, warga di kampungnya ingin melakukan kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya. “Biar tidak monoton, kami cari cara lain dalam menyamarakan HUT RI,” katanya, kepada HR Online, Kamis (15/08/2019).

Dudi menjelaskan terdapat berbagai tujuan menghias kampung dengan gambar tiga dimensi. Selain menyalurkan kreatifitas pemuda di kampungnya, juga untuk menciptakan sarana reakresi warga.  

“Saat ini kan lagi booming rekreasi foto selfi. Banyak warga yang mencari tempat unik hanya sekedar untuk dijadikan spot selfi. Nah, kami berpikir kenapa tidak kita ciptakan spot selfi yang unik di kampung kami. Tentu warga akan terhibur,” ujarnya.

Selain itu, kata Dudi, saat ini kaum milenial seperti mulai apatis dengan peringatan HUT RI. Makanya, untuk menggugah kembali semangat para pemuda agar ikut serta dalam menyemarakan moment sakral ini, harus digelar kegiatan yang disukai oleh mereka.

“Dalam kegiatan menghias kampung ini kami menggerakan seluruh pemuda. Mereka tampak senang dengan digelarnya kegiatan ini. Ternyata pemuda di sini memiliki keahlian melukis yang luar biasa. Coba lihat saja hasilnya. Sangat luar biasa,” ujarnya.

Awalnya, kata Dudi, dirinya tidak percaya pemuda di kampungnya memiliki keahlian dalam melukis. Apalagi melukis gambar 3 dimensi. “Melukis gambar 3 dimensi itu susah. Tidak semua orang bisa. Tapi ini luar biasa. Gambar-gambar yang dilukis di jalan gang ini terlihat seperti tampak nyata,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, lukisan yang digambar di jalan gang tersebut, seperti gambar karpet terbang, gambar dadu 3 dimensi dan gambar-gambar lainnya. Warga pun tampak senang dengan adanya hiasan gambar-gambar tersebut. Mereka memanfatkan gambar-gambar itu untuk spot foto selfi. (Fahmi/R2/HR-Online)