Warga Kota Banjar Ini Siap Berbagi Ilmu Merawat Pohon Durian

Fatoni saat berada di bawah Pohon Durian Montong
Ahmad Fatoni (45), petani durian montong di Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, menunjukkan pohon durian miliknya. Photo : Sugeng Pangestu/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ahmad Fatoni (45), petani durian montong di Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, siap berbagi pengetahuannya tentang cara penanaman dan perawatan pohon durian agar bisa menghasilkan buah yang bagus.

Buah durian milik Fatoni sudah dikenal oleh banyak orang. Ketika panen tiba, banyak orang yang datang untuk memborong. Dia mengaku, pengetahuan bertani durian didapat saat dirinya merantau ke Korea.

“Selama dulu saya merantau di luar negeri, hari-hari saya hanya merawat pohon durian,” tuturnya, saat ditemui Koran HR, Selasa (20/08/2019).

Fatoni juga mengatakan, beberapa tahun lalu dirinya banyak memproduksi bibit pohon durian dari biang pohon durian yang sudah terbukti berbuah lebat miliknya. Karena banyak warga yang menanyakan, sehingga kini yang tersisa tinggal beberapa pohon saja.

“Sekarang saya tidak memproduksi bibit pohon durian karena saat ini merupakan masa pengembangan dari bibit yang sudah ditanam. Hasil dari penanaman baru dapat dilihat nanti setelah 3 sampai 4 tahun,” terangnya.

Dia menjelaskan, semua bibit pohon durian memiliki keunggulan masing-masing, baik durian montong, durian lokal, maupun durian dari jenis yang lainnya. Namun, untuk bisa menghasilkan buah yang baik tentu ada ilmunya.

“Menanam itu ada ilmunya dan menanam itu mudah, yang sulit adalah ilmu dan merawatnya. Untuk itu, saya siap berbagi ilmu kepada siapa saja yang ingin belajar tentang merawat pohon durian montong. Saya persilakan dengan tangan terbuka, karena saya juga ingin bermanfaat untuk orang lain,” pungkas Fatoni. (Sugeng/Koran HR)

Loading...