2 Kebakaran Terjadi di Ciamis, Salah Satunya di Eks TPA Handapherang

eks TPA Handapherang
Para petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Eks TPA Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Sebub (2/9/2019). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Musibah kebakaran kembali lagi terjadi di wilayah Ciamis. Memasuki musim kemarau ini, hampir tiap hari ada laporan kebakaran, terutama di lahan perkebunan milik masyarakat.

Pada Senin (2/9/2019) ini, terjadi kebakaran di dua lokasi berbeda di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Salah satunya di lahan eks TPA Handapherang yang terbakar sore ini.

Petugas pemadam kebakaran pun langsung menuju lokasi kebakaran yang merupakan bekas Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) guna memadamkan api sampai ke sumbernya.

Kendati harus berjuang memadamkan api di tebing sungai, para penakluk api itu tak gentar memadamkan si jago merah, hingga pada pada waktu petang, api di Eks TPA Handapherang sudah bisa dipadamkan.

Di lokasi berbeda, dua rumah warga di Dusun Cikawung, RT 02 RW 16, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, hangus terbakar. Kejadian diketahui warga sekitar pukul 19.00 WIB.

Rumah tersebut milik Oman (60) dengan penghuni 4 jiwa dan Robi (26) dengan penghuni 2 jiwa.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani.

Ani menyebut, api berasal dari tungku api yang ditinggal pemilik rumah ke mesjid. Saat itu pemilik rumah tengah memasak ketupat. Diduga api menjalar melalui kayu bakar di dekat tungku dan menyebar ke bagian bangunan dapur.

Akibatnya, dua dapur ukuran 4×5 meter dan 4×3 meter ludes terbakar. Api baru bisa dipadamkan beberapa jam kemudian, setelah warga gotong royong memadamkan api, dibantu Damkar, BPBD, Polisi, dan PMI. (Jujang/R7/HR-Online)