3 Asteroid Melintasi Bumi dengan Jarak Terdekat Sepanjang Sejarah

3 asteroid melintasi bumi
Ilustrasi asteroid. Foto: Istimewa

3 Asteroid melintasi Bumi pada Senin 9 September 2019. Jumlah asteroid bukan hanya satu, tetapi tiga yang melintas. Asteroid 2019 RX1, Asteroid 2019 QZ3 dan Asteroid 2019 RG2.

Biasanya asteroid itu paling tidak mendekati bumi dengan jarak dua juta kilometer. Akan tetapi salah satu dari 3 asteroid melintasi bumi 2019 RG2 ini hanya berjarak 524.000 kilometer saja dari planet bumi.

Berdasarkan dari laman studi objek dekat bumi atau CNEOS menyatakan ketiga asteroid itu memiliki ukuran kecil. Namun untuk asteroid 2019 RX1 memiliki ukuran 22-49 meter.

Sementara itu untuk asteroid RG2 hanya berukuran 8,9-20 meter. Karena ukurannya yang lebih kecil tersebut, maka asteroid ini bisa melaju dengan kecepatan hingga 79,164 kilometer per jam.

CNEOS mengklasifikasikan ketiga asteroid ini sebagai asteroid Apollo. Orbit ketiga asteroid ini sangat luas dalam melintasi bumi dan matahari. Dari tahun ke tahun asteroid ini semakin bersinggungan dengan orbit bumi ke matahari.

Karena kedekatan dari orbit tersebut. Maka ketiga asteroid ini telah dikelompokkan dalam Near Earth Objects atau NEOs. NEOs adalah objek luar angkasa yang tertarik gravitasi planet terdekat.

Jarak 3 Asteroid Melintasi Bumi Paling Dekat

Dilansir dari berita Express.co.uk telah menyebutkan bahwa jarak dari ketiga asteroid ini telah tercatat sebagai yang paling dekat dengan bumi. Jaraknya hanya 1,4 juta kilometer saja.

Walaupun demikian, Neil deGrasse Tyson yang merupakan ahli astronomi NASA menjelaskan. Bahwa asteroid yang melintas hari ini bukan asteroid yang mengancam planet bumi.

Seperti pada November tahun lalu ada peluncuran project HERA. Project ini dilakukan oleh beberapa Menteri di Negara-negara yang ada di Eropa.  Misi mereka adalah mencoba menerbangkan dua drone.

Nama drone yang diterbangkan tersebut adalah CubeSats dalam orbit asteroid. Mereka berharap agar asteroid tersebut dapat dibelokkan.

Dari 3 asteroid melintasi bumi itu, sebenarnya bersama dengan ribuan asteroid lainnya. Semuanya sebenarnya mempunyai resiko untuk planet bumi. Anda bisa bayangkan, kan. Ada gunung atau batu seukuran piramida yang ada di luar sana.

Waktu dan Kecepatan 3 Asteroid yang Melintasi Bumi

Asteroid QZ3 telah melintas dengan kecepatannya sebesar 16.700 mil per jam. Jenis asteroid ini melintas di planet bumi pada pukul 06.49 Eastern Daylight Time (EDT). Atau tepatnya pada pukul 05.49 WIB.

Sedangkan untuk asteroid 2019 RX1 telah melintas dengan kecepatan yang mencapai hampir 50.000 mil per jam. Diperkirakan bahwa asteroid ini dapat melintasi Bumi pada pukul 15.13 EDT atau sekitar pukul 14.13 WIB.

Jenis Asteroid terakhir yaitu 2019 RG2. Asteroid ini melintas dengan kecepatan sebesar 17.380 mil per jam. Dijadwalkan bahwa asteroid ini melintas pada pukul 21.10 EDT atau sekitar pukul 20.10 WIB.

Selain 3 asteroid melintasi bumi ini, sebelumnya NASA juga sudah mengidentifikasi ada asteroid yang bernama Asteroid 2000 QW7. Asteroid jenis ini memiliki ukuran yang lima kali lebih besar bila dibandingkan dengan Monas. Asteroid ini diperkirakan akan melintas dan melewati bumi September 2019.

Asteroid 2000 QW7 ini akan melaju melewati planet bumi dengan kecepatan 23.100 km per jam. Tanggal kejadiannya diprediksi pada 14 September 2019 nanti.

Asteroid 2000 QW7 diperkirakan memiliki diamater 290 meter sampai dengan 650 meter. juga telah NASA mengatakan objek dekat Bumi ini (near-Earth objects) akan berada dengan jarak 3,3 juta mil.

NASA juga sudah memastikan bahwa asteroid ini nantinya tidak akan menabrak Bumi. Namun, Jim Bridenstine selaku kepala NASA sempat memperingatkan ada kemungkinan asteroid mematikan pada waktu relatif dekat.

Perlu kita ketahui bahwa NASA selalu melacak asteroid dan komet yang mendekati planet Bumi. Akan tetapi 3 asteroid yang melintasi bumi ini bukanlah ancaman.

Asteroid Mendekati Bumi, Peristiwa Rutin dan Wajar

Sekitar 6 benda luar angkasa setiap tahunnya yang memiliki ukuran sama seperti asteroid 2006 QQ23 melewati bumi. Jadi fenomena 3 asteroid melintasi bumi sebenarnya adalah peristiwa yang rutin dan wajar.

Pusat Penelitian Objek Dekat Bumi NASA JPL telah menyatakan. Saat ini paling tidak ada sekitar 900 objek dekat bumi yang memiliki ukuran lebih dari 1000 meter. Tentunya ukuran ini jauh lebih besar dari asteroid 2006 QQ23.

Pendapat NASA dalam waktu dekat ini asteroid tidak akan menabrak bumi. Tetapi NASA dan berbagai badan antariksa lain terus memantau benda dekat bumi. Sambil mengembangkan upaya agar bisa menangkis asteroid dari bumi.

Jadi, anda tak perlu khawatir atau takut dengan kabar 3 asteroid melintasi bumi ini. Sebab, asteroid hanya melintas, bukan menabrak bumi. (R9/HR-Online)

Loading...