8 Desa di Pangandaran Ikuti Ecovillage Award Tingkat Jabar

Ecovillage Award
Atikah, Kabid Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran memberikan polybag kepada peserta Ecovillage Award, Jum'at (13/9/2019).

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 8 desa dari 3 kecamatan di Kabupaten Pangandaran mengikuti Ecovillage Award tingkat Jawa Barat.

Ecovillage atau desa hijau merupakan desa yang langsung berbatasan dengan sungai, seperti sungai Citanduy.

“Untuk mengikuti ecovillage di tingkat provinsi tidaklah mudah mengingat banyaknya persaingan dengan kabupaten lain di Jawa Barat,” ujar Atikah, Kabid Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup, kepada HR Online, Jum’at (13/9/2019).

Lantaran ketatnya persaingan tersebut, kata dia, Kabupaten Pangandaran mempersiapkan sejumlah desa untuk mengikuti Ecovillage dengan serius, agar dapat meraih prestasi maksimal.

“Dalam menata dan membina desa berbasis ecovillage, kami sudah dari jauh jauh hari memberikan bimbingan, pelatihan dan edukasi kepada masing-masing desa yang berbatasan langsung dengan sungai Citanduy,” terang Atikah.

Bimbingan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memotivasi peserta dari 8 desa yang nantinya akan dinilai oleh tim dari provinsi.

“Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran terus memberikan pengarahan serta menyumbangkan berbagai kebutuhan, seperti polybag yang nantinya bisa digunakan untuk tanaman agar lebih tertata,” katanya. 

Sementara itu, di Jawa Barat sendiri, peserta yang mengikuti Ecovillage Award, yakni desa-desa yang berbatasan langsung dengan sungai Citarum.

Kata dia, kategori penilaian ada pada tim penilai, namun pihaknya telah menyampaikan segala informasi terkait Ecovillage Award pada para peserta dari Pangandaran.

“Semoga saja dari 8 desa di pangandaran yang ikut berkompetisi bisa meraih hasil yang maksimal,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online)