Resmi Diluncurkan, Berikut 8 Fitur Baru Android 10 untuk Pengguna Smartphone

Fitur Baru Android 10
Ilustrasi Android 10

Google secara resmi menggulirkan fitur baru Android 10 pada 3 September 2019. Fitur baru Android ini baru untuk beberapa merk smartphone saja. Namun begitu, google juga akan melakukan pembaharuan untuk merk smartphone lainnya dalam waktu dekat.

Sistem operasi yang pada awalnya diberi nama Android Q tersebut menyedot perhatian publik karena pergantian nama dari makanan penutup menjadi nomor seri.

Meski begitu, antusiasme masyarakat terhadap Android 10 tak surut. Beberapa pengguna smartphone pun sudah dapat menikmati fitur teranyar Android 10.

Dicatat dari Expert Reviews, Google telah memberikan pembaruan pada ponsel Pixel, Asus Zenfone, LG, Oppo, Realme, dan Xiaomi. Pembaruan pada ponsel lain akan datang dalam beberapa minggu ke depan.

Berikut 8 Fitur Baru Android 10 yang Dapat Dioperasikan Pengguna

Dark mode

Dark mode atau mode gelap memungkinkan pemakai menghemat konsumsi baterai dan mengurangi risiko kerusakan mata. Google lantas menghadirkan layanan menyeluruh pada Android 10.

Berbeda dari versi pendahulunya, dark mode pada fitur baru Android 10  akan ikut mengubah tampilan aplikasi yang terinstal. Hal ini tak terlepas dari perubahan yang dilakukan Google terhadap API (application programming interface) pada sistem operasi tersebut.

Smart Reply

Smart Reply merupakan fitur bawaan Android 10 yang akan memaksimalkan pengalaman berbalas pesan. Ada layanan-layanan baru seperti suggestion teks hingga Google Maps yang akan terbuka otomatis saat pengguna berbagi lokasi.

Kepraktisan yang diberikan Google lewat Smart Reply diharapkan membantu pengguna smartphone dengan mobilitas tinggi.

Katalog emoji baru

Fitur baru Android 10 selanjutnya yang akan dimasukkan ke dalam pembaruan adalah emoji baru. Google setidaknya menyiapkan 65 emoji baru termasuk stetoskop, berang-berang, hingga opsi ragam gender dan ras.

Katalog emoji tersebut akan semakin memeriahkan komunikasi sekaligus menekan kesalahpahaman akibat ikon yang belum tersedia pada versi sebelumnya.

Perlindungan privasi

Bukan rahasia lagi bila Android mempunyai kelemahan di sektor privasi. Untuk itu Google meningkatkan sistem keamanan pada fitur baru Android 10 untuk melindungi data pengguna dari serangan virus maupun peretas.

Pada ponsel berbasis Android 10, pengguna dapat memasang izin otorasi aplikasi di satu tempat. Jadi kontrol aplikasi saat pengguna melakukan berbagai aktivitas lebih praktis dan aman.

Focus mode

Focus mode menjadi fitur baru Android 10 yang paling dinantikan, terutama bagi pengguna yang mudah terdistraksi ponsel. Begitu diaktifkan, mode tersebut akan menghentikan notifikasi yang masuk sesuai durasi waktu yang telah ditentukan.

Sebagai contoh, pengguna dapat menonaktifkan notifikasi dari media sosial selama bekerja. Lantas saat Focus mode dimatikan, notifikasi baru dimunculkan ke layar.

Family Controls

Kehadiran fitur terbaik Android 10 ini dianggap membantu orang tua yang sukar mengendalikan anak yang telanjur candu main ponsel. Sementara di sisi lain ponsel telah menjadi media yang dipakai untuk mengerjakan tugas sekolah.

Dengan memakai Family Controls, orang tua dapat mengatur waktu main anak-anak dengan ponsel. Selain itu, orangtua juga bisa memantau aplikasi mana saja yang digunakan hingga melacak lokasinya saat perangkat dibawa anak.

Live Caption

Fitur baru Android 10 ini sekilas menyerupai Closed Captions di Youtube. Bedanya, Live Caption akan langsung memunculkan caption pada audio maupun video yang diputar. Bahkan pengguna tidak harus selalu terhubung dengan internet untuk mengaktifkan Live Captions.

Kehadiran Live Caption pada Android 10 juga akan sangat membantu pengguna tuli agar lebih nyaman saat menyaksikan film atau tayangan lain di ponsel.

Pengaturan baterai

Selain sistem keamanan, baterai jadi masalah lain yang dihadapi pengguna Android. Google pun menyediakan sejumlah pengaturan baru pada Android 10 supaya pengguna bisa mengetahui status baterai beserta konsumsi dayanya.

Pada fitur OS Android 10, ada pembaruan visual yang memberikan status baterai lebih jelas dan baik. Dengan demikian, pengguna bisa langsung mengisi ulang daya baterai sebelum ponsel mati total.

Sejumlah fitur tambahan yang Google tingkatkan dan perbaiki pada Android 10 mencakup amplifikasi audio hingga kemudahan dalam berbagi koneksi Wi-Fi dengan pemgguna lain.

Selain itu, kehadiran fitur baru Android 10 menjadi harapan Google untuk mengenalkan konsep anyar pada sistem operasi ini kepada audiensi yang lebih luas. (R10/HR-Online)