Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisGambar Viral yang Bertuliskan Ajakan Unjuk Rasa kepada Pelajar Ciamis Ternyata Hoax

Gambar Viral yang Bertuliskan Ajakan Unjuk Rasa kepada Pelajar Ciamis Ternyata Hoax

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah gambar yang bertuliskan seruan dan ajakan kepada pelajar Ciamis, Jawa Barat, untuk menggelar aksi unjuk rasa di gedung di DPRD Ciamis, pada Kamis (26/09/2019), ternyata hoax atau berita bohong belaka.

Gambar itu pada Rabu (25/09/2019) terpantau menyebar luas (viral) di media sosial facebook. Dikabarkan juga gambar itu tersebar luas dan menjadi pesan berantai di aplikasi pesan WhatsApp di kalangan pelajar Kabupaten Ciamis.

Meski diduga gambar itu bertujuan untuk memancing para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Ciamis agar menggelar aksi unjuk rasa dengan agenda penolakan RUU KUHP dan RUU KPK, namun pada gambar itu tidak jelas disebutkan agendanya.

Seperti diketahui, gelombang aksi unjuk rasa yang digelar mahasiswa dan pelajar yang menolak pengesahan RUU KUHP dan RUU KPK hampir setiap hari terjadi di sejumlah kota di Indonesia. Bahkan, layar televisi dan laman media sosial pun dalam beberapa hari ini terus diramaikan oleh aksi unjuk rasa tersebut.

Gambar Ajakan Unjuk Rasa kepada Pelajar Ciamis Banyak Kejanggalan

Meski demikian, seruan dan ajakan pada gambar yang menyebar di komuntias pelajar Kabupaten Ciamis itu tampak terdapat kejanggalan. Pertama, meski menyerukan ajakan untuk menggelar aksi unjuk rasa, namun pada gambar itu tidak menyebutkan agendanya.

Pada gambar itu hanya tertulis kalimat ajakan yang berbunyi,” Hari Kamis mari kita bolos sekolah. Mari kita turun ke jalan melawan para sampah di negeri kita”.

Kedua, pada gambar itu tertulis ajakan kepada siswa SMK, SMK, STM, MA dan SMEA. Seperti diketahui, sekolah STM dan SMEA kini sudah berganti nama menjadi SMK. Dari tercantumnya nama STM dan SMEA saja sudah terlihat rancu. Diduga gambar itu dibuat oleh orang iseng dengan maksud untuk mencari sensasi semata.

Sikap Forum Musyawarah OSIS SMA

Salah seorang anggota Musyawarah OSIS SMA Kabupaten Ciamis, yang meminta identitasnya tidak disebutkan, mengatakan, dirinya pun kaget ketika pertama melihat gambar tersebut tersebar di media sosial.

“Saya pertama lihat di media sosial. Kemudian teman-teman pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Ciamis mengirim pesan itu dan menanyakan tentang kebenaran berita tersebut,” ujarnya, kepada HR Online, Rabu (25/09/2019) malam.

Dia pun memastikan bahwa kabar itu merupakan hoax. Karena setelah dikonfirmasi ke seluruh pengurus Forum Musyawarah OSIS SMA Kabupaten Ciamis bahwa tidak ada rencana aksi unjuk rasa dari pelajar Ciamis.

“Semua pengurus pun kaget dengan adanya gambar yang menyerukan aksi unjuk rasa tersebut. Kami pastikan bahwa gambar itu bukan dibuat oleh Forum Musyawarah OSIS SMA Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Dia pun mengungkapkan gambar yang diduga bertujuan untuk memprovokasi pelajar Ciamis itu sudah disikapi oleh pengurus Forum Musyawarah OSIS. Menurutnya, setelah para pelajar berdiskusi menanggapi beredarnya gambar hoax tersebut, kemudian menghasilkan kesepakatan.

“Isi dari kesepakatan itu bahwa pelajar Ciamis tidak akan terpancing dengan provokasi apapun. Untuk besok (hari ini), kami tetap sekolah seperti biasa dan tidak akan melakukan unjuk rasa apapun,”  katanya. (Fahmi/R2/HR-Online)