Ampuhkah Manfaat Air Kelapa Untuk Diet? Buktikan Saja Sendiri!

manfaat air kelapa untuk diet
Ilustrasi Kelapa Muda. Foto: Istimewa

Tahukah anda jika manfaat air kelapa untuk diet jauh melebihi menu makanan apapun. Selain berat badan turun secara nyata, kesehatan dan kebugaran pun akan terasa setelah minum air kelapa ini.

Ada banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Selain mengatur menu makan, anda juga harus rajin berolahraga dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Ada beberapa kunci sukses dalam menjalankan program diet. Selain konsistensi yang tak kalah penting adalah memilih menu makanan yang cocok dan mendukung program diet yang dijalankan.

Salah satu menu yang harus ada dalam diet anda adalah air kelapa. Ada banyak manfaat air kelapa untuk diet maupun untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Kelapa

Buah kelapa atau cocos nucifera ternyata kaya dengan kandungan nutrisinya. Begitu juga dengan air buahnya yang mengandung 16 kalori dan 4,1 gram gula.

Air kelapa juga kaya dengan kandungan asam amino, enzim, potassium, vitamin B, dan vitamin C. Air kelapa juga rendah kalori dan bersifat antioksidan yang sangat baik untuk diet sehat.

Untuk daging buahnya antara lain mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 257 gram kalium, 3.6 gram lemak, 6 mg vitamin C, dan 10 gram gula.

Yang menarik, kalium dalam buah kelapa jauh lebih tinggi dibandingkan minuman olahraga. Bahkan nutrisi ini juga lebih tinggi ketimbang makan empat buah pisang.

Namun mana lebih baik menyangkut manfaat air kelapa untuk diet, air kelapa muda (degan) atau air kelapa yang sudah tua?

Ternyata, kandungan nutrisi maupun kalori air kelapa dan dagingnya untuk jenis yang tua jauh lebih banyak ketimbang yang muda. Umur buah menentukan jumlah kandungan nutrisinya juga lebih lengkap dan banyak.

Manfaat minum air kelapa setiap hari bisa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Apalagi air kelapa muda lebih baik karena isinya lebih banyak dan daging buahnya juga lebih banyak kandungan airnya.

Mengingat kandungan nutrisinya yang tak terlalu jauh berbeda, anda bisa menggunakan air kelapa muda maupun yang tua untuk menurunkan berat badan anda.

Beragam Manfaat Air Kelapa Untuk Diet

Tak sedikit bukti riset maupun pengalaman tentang beragam manfaat air kelapa untuk diet. Di bawah ini berbagai khasiat air kelapa yang segar ini.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tak sedikit atlet yang minum air kelapasecara rutin. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air kelapa juga dapat meningkatkan energi tubuh. Ciran tubuh penting juga untuk diet.

Menyehatkan Pencernaan

Air dan daging buah kelapa yang kaya serat berkhasiat dalam mengatasi gangguan pencernaan. Pencernaan yang sehat akan sangat mendukung efektivitas diet menurunkan berat badan.

Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

Air kelapa muda dikenal rendah kalori dan bisa menjadi pengganti minuman manis dan bersoda dalam menu diet. Cobalah rasakan manfaat air kelapa untuk diet selama 7 hari cukup segelas sebelum makan.

Penangkal Stress dan Depresi

Jaga dan kontrol kondisi stress selama menjalankan diet. Kandungan vitamin B-kompleks dan magnesium dalam air kelapa berfungsi untuk merangsang produksi hormon serotonin yang berguna untuk menangkal stres dan depresi.

Menghaluskan Kulit

Manfaat air kelapa untuk diet lainnya adalah ada pada air kelapa yang kaya antioksidan baik diminum untuk menangkal racun dari dalam tubuh. Namun air kelapa juga baik untuk masker atau cuci muka. Kulit wajah akan lebih halus dan sehat.

Anti Penuaan Dini

Hormon sitokinin dalam air kelapa juga berkhasiat dalam proses regenerasi sel dan mencegah kanker dan trombosis. Air kelapa juga bermanfaat dalam menghilangkan kerutan dan mencegah penuaan dini.

Demikianlah beragam manfaat air kelapa untuk diet maupun untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh yang semoga bermanfaat. (R8/HR-Online)