Bupati Pangandaran Wajibkan ASN Laporkan Harta Kekayaan

Laporkan Harta Kekayaan
Sosialisasi LHKASN terhadap ASN yang ada di Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pangandaran didorong untuk melakukan Laporan Harta Kekayaan Apratur Sipil Negara (LHKASN) secara rutin setiap tahunya.

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, mengatakan, terhitung mulai tahun 2020 seluruh ASN yang ada di lingkup Kabupaten Pangandaran  agar selalu melaporkan harta kekayaanya setiap tahun sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“LHKASN merupakan bentuk transaparansi harta kekayaan ASN Pangandaran, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan. Organisasi dapat berjalan dengan baik, apabila seluruh pegawainya melaksanakan kebijakan pemerintah dengan baik,” ucapnya, Selasa (03/09/2019).

Jeje mengatakan, LHKASN merupakan bentuk mencegah terjadinya tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. Diharapkan tidak ada lagi penyalahgunaan wewenang dalam jalannya pemerintahan.

“Para PNS di lingkungan Pemkab Pangandaran juga harus memiliki intergritas yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya. Pembangunan fisik harus terus dilaksanakan, meningkatkan kualitas ASN juga harus dilakukan,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Yadi Gunawan, mengatakan, dirinya selalu rutin melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya. Sebab, itu sebuah keharusan bagi ASN agar tidak ada lagi penyelewengan.

“Ya saya rutin melaporkanya. Soalnya ini kan keharusan yang harus dipenuhi, apalagi kalau sudah ada dorongan langsung dari bupati. Saya yakin semua ASN di Pangandaran akan memenuhi kewajibannya, yakni melaporkan harta kekayaannya setiap tahun,” pungkasnya. (Enceng/Ntang)