Inilah Bahan Infused Water yang Cocok untuk Jaga Vitalitas Tubuh

Bahan Infused Water
Ilustrasi bahan infused water. Foto: Istimewa

Bahan infused water seperti lemon dan jeruk nipis rupanya berkhasiat untuk menjaga vitalitas tubuh. Bahan infused water dari buah-buahan yang mengandung vitamin C ini cukup dicampurkan pada air mineral dan diamkan dalam beberapa jam.

Setelah serat dan sari dari buah-buahan bercampur dengan air, maka jadilah infused water yang siap untuk diminum. Infused water dipercaya memberikan beragam manfaat. Salah satunya menjaga kesehatan. Kuncinya adalah bahan yang dicampurkan harus benar-benar bahan alami yang dipercaya dapat meningkatkan vitalitas tubuh.

Salah satu hal yang dilupakan oleh kaum urban yang super sibuk dengan berbagai aktivitas adalah kesehatan. Mereka cenderung tidak peduli dengan pola makan sehat, olahraga, serta tidur cukup asalkan pekerjaan mereka selesai.

Hasilnya, tubuh menjadi tidak sehat dan mudah sakit. Salah satu cara untuk mendukung aktivitas harian Anda yang super sibuk adalah dengan mengkonsumsi infused water. Namun, Anda pun harus mengenal bahan infused water apa saja yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.

Bahan Infused Water untuk Jaga Vitalitas Tubuh   

Infused Water Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis 

Salah satu bahan yang sangat berkhasiat untuk menjaga vitalitas tubuh adalah jeruk lemon atau jeruk nipis. Justru, infused water dengan menggunakan campuran jeruk lemon dan jeruk nipis merupakan cikal bakal perkembangan minuman berkhasiat ini. Cukup potong jeruk nipis dan jeruk lemon kemudian masukkan dalam botol infused water yang sudah diisi dengan air. 

Anda boleh memasukkan bahan infused water ini beserta kulitnya atau mengupasnya terlebih dahulu. Ada baiknya mengupas kulitnya terlebih dahulu untuk menghindari sensasi rasa pahit. Untuk Anda penyuka rasa asam, maka Anda bisa memberikan lebih banyak potongan jeruk nipis dan lemon ke dalam airnya. 

Umumnya, untuk satu liter air Anda cukup menggunakan satu buah jeruk lemon dan satu buah jeruk nipis saja. Diamkan terlebih dahulu setidaknya selama 6 jam sebelum dikonsumsi. Jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu menangkal virus atau bakteri jahat. Dengan begitu, Anda tidak mudah sakit walaupun sibuk beraktivitas. 

Infused Water Timun 

Timun juga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan infused water. Rasanya lebih segar jika dibandingkan dengan infused water dari jeruk lemon dan jeruk nipis. Kulitnya pun tidak terasa pahit. Kandungan air dalam timun cukup untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, timun juga mengandung silika. 

Zat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot dan kulit. Wajah Anda pun tetap berseri dan segar walaupun sudah beraktivitas seharian. Untuk membuat infused water dari timun, cuci bersih terlebih dahulu timun hingga bersin. 

Akan lebih baik jika Anda menggunakan timun organik. Kemudian, iris timun melingkar menjadi beberapa bagian. Isi botol infused water Anda dengan air kemudian masukkan semua timun yang sudah iris tadi. Diamkan selama setidaknya 6 jam sebelum mengkonsumsinya.     

Infused Water Stroberi

Bahan infused water lain yang juga sangat baik untuk menjaga vitalitas tubuh Anda adalah buah stroberi. Buah stroberi sangat kaya akan kandungan vitamin C. Dengan menjaga kecukupan vitamin C dalam tubuh, Anda tidak akan mudah sakit dan tetap fit walaupun jadwal Anda sangat padat. 

Untuk membuat infused water buah stroberi ini, siapkan setidaknya satu liter air. Kemudian siapkan 4 buah stroberi dan potong kecil-kecil. Masukkan potongan stroberi kedalam air dan diamkan selama setidaknya 6 jam sebelum dikonsumsi.

Agar rasanya lebih nikmat Anda bisa menambahkan jeruk nipis, buah timun, dan daun mint. Selain rasanya nikmat, kandungan semua bahan infused water tersebut juga sangat baik untuk menjaga vitalitas tubuh. 

Infused Water Buah Apel 

Selain buah stroberi, Anda juga bisa menggunakan apel sebagai bahan infused water. Agaknya pepatah “satu buah apel membuat Anda jauh dari dokter” adalah pepatah benar. Apel memiliki banyak kandungan vitamin yang akan membuat sistem imun dan metabolisme tubuh menjadi lebih kuat. 

Hasilnya, Anda tidak mudah terserang virus atau bakteri yang menyebabkan beragam penyakit. Jika ingin menikmati rasa infused water yang segar, tambahkan potongan buah stroberi, lemon, dan mint ke dalam infused water apel Anda.

Dengan bahan Infused water sepeti resep tersebut, dipercaya bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh dari radikal bebas, polusi, virus, dan bakteri jahat.

Intinya, membuat infused water sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan bahan apapun asalkan bahan tersebut sudah dicuci bersih ataupun organik. Diamkan selama 6 jam untuk hasil yang lebih maksimal.

Cobalah beberapa bahan infused water di atas kemudian konsumsi secara rutin. Pasti setelah itu Anda akan merasakan manfaat positifnya terutama pada vitalitas tubuh. (R10/HR-Online)