Bahaya Foto Selfie, Bisa Mengancam Privasi

Bahaya Foto Selfie
Ilustrasi Bahaya Foto Selfie. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Bahaya foto selfie mengintai para pengguna smartphone. Foto selfie yang sering dilakukan itu mengancam privasi penggunanya, apalagi saat ini kamera yang ditawarkan oleh penyedia semakin canggih.

Dibalik foto selfie yang sering kita unggah di media sosial ternyata tidak sedikit pula yang digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari berbagai sumber, kejahatan siber mampu memanfaatkan sidik jari atupun retina mata seseorang untuk membuka gawai yang dimiliki seseorang. Apalagi saat ini banyak ponsel yang mendukung keamanan menggunakan finger  print atau sidik jari, bahkan menggunakan retina mata.

Ketika Anda melakukan selfie menggunakan smartphone beresolusi tinggi, secara otomatis foto yang dihasilkannya pun semakin jelas. Termasuk ketika diperbesar, akan semakin jelas. Di sinilah bahaya foto selfie yang mengintai kita.

Apabila foto Anda semakin jelas, maka orang lain akan lebih mudah melakukan pembesaran atau zoom di area tertentu pada tubuh Anda, termasuk pada bagin retina mata atau pada sidik jadi.

Lebih parahnya lagi, orang Indonesia suka sekali saat melakukan foto sering menunjukkan jari-jari tangannya agar terlihat lebih bagus. Padahal, gaya semacam itu cukup mengancam kita.

Sebagai langkah antisipasi agar privasi anda tidak terancam melalui foto, sebaiknya Anda bisa mengurangi aktivitas selfi dan mengunggahnya di media sosial. Sementara itu, jika anda difoto orang lain, pastikan terlebih dahulu akan digunakan apa foto tersebut, apakah diunggah media sosial atau hanya sebatas simpanan di smartphone.

Dari penjelasan di atas, bahaya foto selfie bagi pengguna smartphone selalu mengintai. Karena itu, waspada lebih penting daripada kita mengatasi saat musibah sudah datang. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...