Bentuk Karakter Religius, MIN 4 Pangandaran Ajak Siswa Duha Berjamaah

MIN 4 Pangandaran
Sejumlah siswa MIN 4 Pangandaran mulai kelas 3 sampai kelas 6 diajak melaksanakan salat Duha berjamaah setiap hari. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka membentuk karakter anak yang religius, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Pangandaran, mempunyai program salat Duha berjamaah.

Para siswa yang duduk di kelas 3 sampai kelas 6 diajak untuk melaksanakan Duha berjamaah.

“Dalam mendidik anak supaya menjadi anak yang religius, kami mengajak semua murid dari mulai kelas 3 sampai kelas 6 untuk melaksanakan salat Duha secara bersama-sama. Setelah itu dilanjutkan dengan menghapal surat-surat pendek sampai datang jam pelajaran pertama,” Ujar salah seorang guru MIN 4 Pangandaran, Bambang Sutiawan, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, ada sejumlah karakter yang sebaiknya diterapkan sejak dini kepada anak-anak, yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong.

“Itu semua adalah karakter yang sebaiknya ditetapkan kepada anak-anak sejak dini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan,dengan kegiatan yang rutin dilakukan setiap pagi ini, diharapkan anak-anak bisa lebih disiplin lagi dalam melaksanakan salat.

“Selain Duha, anak-anak juga diharuskan melaksanakan salat Duhur berjamaah di mesjid yang berada di lingkungan sekolah,” paparnya.

Bambang berharap murid-muridnya, ketika sudah keluar dari MIN 4 Pangandaran, sudah terbiasa melaksanakan salat tanpa perlu disuruh-suruh lagi.

“Harapannya, apabila mereka sudah keluar dari sini, sudah terbiasa melaksanakan salat wajib maupun salat sunah seperti halnya salat Duha, di manapun mereka berada, atau apabila sudah sudah terjun ke lingkungan, mereka bisa melakukannya secara istiqomah,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online)