Beton Nangka Makanan Sehat Segudang Manfaat

Rebusan beton nangka
Rebusan beton nangka. Foto: Muhafid/HR

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Beton Nangka bagi sebagian orang terbilang aneh, apalagi istilah penyebutan nama salah satu bagian dari buah yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus tersebut kerap diungkapkan orang Jawa. Beton memiliki arti biji Nangka.

Buah Nangka dikenal karena bentuknya yang menggelendong dan panjang. Selain itu, buah yang memiliki banyak getah ini ternyata memiliki rasa manis. Adapun kulitnya yang bergerigi hampir mirip dengan buah durian, namun tidak setajam dan sebesar durian.

Rasa manis dari buah ini yang disukai sebagian orang ternyata memiliki banyak kandungan vitamin, seperti Vitamin C, A, Thiamin, Kalsium, Riboflabin, zat besi, niasin dan seng atau zinc. Sementara kandungn nutrisi dari buah Nangka sebesar 165 gram, diketahui memiliki 155 kalori, 39,6 gram karbohidrat, 2,4 gram protein, 0,5 gram lemak dan 2,6 gram serat.

Sedangkan beton Nangka, kerap dibuang begitu saja setelah kita mengkonsumsi daging buah nangka ini. Padahal, bijinya jika direbus memiliki rasa yang enak dan punya segudang manfaat.

Dari sisi kandungan sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, biji Nangka memiliki protein dan zat gizi yang penting bagi tubuh, seperti mencegah penyakit kulit, anemia serta lainnya. Soal rasa, biji ini setelah direbus memiliki rasa seperti kentang.

Bagi Anda yang memiliki nangka, jangan sia-siakan bijinya dibuang ke tempat sampah. Soalnya, beton nangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Di antaranya manfaat biji ini, yakni:

1.  Membantu melancarkan pencernaan. Biji nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga, ketika dikonsumsi bagi Anda yang bermasalah di pencernaan, bisa menjadi salah satu solusinya.

2.  Membantu tingkat penglihatan. Kandungan vitamin A dalam nangka juga terdapat dalam bijinya. Diketahui, fungsi vitamin A berkaitan dengan kesehatan mata. Apalagi jika seseorang kekurangan vitamin A bisa mengalami kebutaan. Jadi, biji ini sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan mata, seperti katarak maupun degenerasi makula.

3.  Melawan anemia. Zat besi yang ada didalam beton ini sangat berperan penting kesehatan kita. Apalagi zat besi adalah salah satu elemen yang penting dari hemoglobin. Ketika tubuh anda zat besinya cukup, maka akan berdampak baik sebagai pencegah anemeia maupun kelainan darah.

4.  Mencegah resiko darah menggumpal. Kandungan mangan (manganese) dalam beton ini diyakini mampu mencegah resiko gumpalan darah dalam tubuh. Meski perlu ada penelitian lebih jauh dari kandungan ini, namun mangan memiliki zat antioksidan kuat yang bisa mengeluarkan zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

5.  Meningkatkan gairah hubungan suami istri. Masih soal zat besi yang terkandung dalam beton nangka, ternyata sangat berperan besar juga dalam merangsang gairah hubungan pasutri. Penggunaan biji nangka ini untuk menangani masalah di ranjang sudah digunakan sejak dulu sebagai obat tradisional oleh orang Asia.

6.  Melawan keriput. Kandungan antioksidan dalam beton nangka sangat berpengaruh besar dalam melawan radikal bebas. Diketahui, kandungan ini mampu mencegah penuaan dini yang dampaknya kulit kita menjadi keriput. Selain dikonsumsi, juga bisa dioleskan pada wajah. (Muhafid/R6/HR-Online)